Saturday, October 16, 2021
Home DIMENSI Berikut HP Buatan China yang Laris di Indonesia

Berikut HP Buatan China yang Laris di Indonesia

Tak bisa dipungkiri lagi bahwa smartphone asal Tiongkok memang menjadi favorite bagi sebagian besar masyarakat di Indonesia. Meroketnya ponsel pintar asal negeri ‘tirai bambu’ itu mampu mengalahkan merek lokal di pasar tanah air.

Hal ini disampaikan berdasarkan hasil riset yang dilakukan International Data Center (IDC). Populernya smartphone buatan Tiongkok tersebut, menurut IDC, tak lepas dari strategi penjualan yang bagus dan memakai brand ambassador yang tepat.

“Mereka mampu bersaing dengan inisiatif pemasaran, insentif menarik, dan margin lebih besar untuk channel partner. Mereka juga meningkatkan layanan purna jual untuk memperbaiki stigma negatif smartphone Tiongkok,” ungkap Associate Market Analyst IDC Indonesia, Risky Febrian.

Sementara itu, berjayanya produk asal Tiongkok tersebut dapat menggerus merek lokal di Indonesia. Pada tahun 2015, smartphone merek lokal mampu menguasai 34 persen pangsa pasar di Indonesia, sedangkan pangsa pasar vendor Tiongkok hanya 12 persen saja. Namun keadaan itu justru berbalik pada kuartal pertama tahun 2016 hingga kuartal 1 2017.

Smartphone yang menguasai pangsa pasar Indonesia saat ini adalah Samsung, Oppo, Asus, Advan, dan Lenovo. Dari daftar tersebut Advan menjadi satu-satunya merek lokal yang masuk ke dalam lima besar ponsel paling populer di pangsa pasar Indonesia.

 

Sumber : Berikut HP Buatan China yang Laris di Indonesia
Berikut HP Buatan China yang Laris di Indonesia
Jitunews

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments