Berkat PLTS di Siandau, KESDM Bantu Pangkas Pengeluaran Warga Teluk Sekatak

0
553

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (KESDM) telah membangun PLTS (Pembangkit Listrik Tenaga Surya) di Dusun Siandau, Kalimantan Utara. Dalam hal ini, KESDM memang tengah menyasar pengembangan energi baru terbarukan bagi pemerataan infrastruktur ketenagalistrikan di wilayah terluar Indonesia.

Dusun Siandau adalah sebuah dusun yang termasuk dalam wilayah administrasi Desa (perairan) Liago, Kabupaten Bulungan dan sudah berdiri sejak 119 tahun lalu. Setelah lama bergantung pada genset untuk penerangan dusun di malam hari, warga Siandau akhirnya bisa menikmati listrik dari Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Terpusat sejak bulan November 2016 lalu.

Pembangunan PLTS yang berlangsung selama 7 bulan tersebut, menghasilkan PLTS berdaya 15 kilowatt peak (kWp) dan dapat menerangi rumah warga serta fasilitas umum berupa sekolah, rumah ibadah, juga balai pertemuan warga.

Zainuddin, selaku Ketua RT di dusun Siandau, mengaku sangat senang dan bersyukur dengan keberadaan PLTS yang sudah beroperasi sejak bulan November 2016 lalu. Keberadaan PLTS ini penting karena telah memangkas pengeluaran sehari-hari warga Siandau.

“Sebelumnya kita gunakan genset, semalamnya minimal 3 liter, minimal Rp 30.000 satu malam, atau Rp 900.000 per bulan. Sekarang, semenjak ada PLTS kita gunakan Rp 30.000 satu bulan, bisa menghemat Rp 870.000 per bulan. Di situlah kebanggaan kami selaku warga,” ujar Zainuddin, Minggu (7/5).

Di sisi lain, Zainuddin mengaku, adanya PLTS ini sangat membantu seluruh warga yang berprofesi sebagai nelayan. Terlebih, menjelang bulan puasa, para ibu rumah tangga dapat menyiapkan sahur dengan suasana terang.

Pada kesempatan yang sama, Direktur Jenderal Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi (EBTKE) Kementerian ESDM, Rida Mulyana, meminta agar PLTS tersebut dijaga dengan baik.

“(PLTS) ini punya bapak ibu. Minta tolong dijaga dengan baik agar manfaatnya bisa lebih dirasakan bapak dan ibu,” papar Rida dalam keterangannya.

Zainuddin pun merasa terharu dengan kedatangan rombongan Kementerian ESDM, DPR RI, dan Pemerintah Daerah ke dusunnya kali ini.

“Saya merasa terharu, baru pertama kali saya didatangi rombongan┬ásegede itu, Saya merasa sangat-sangat berterima kasih kepada pemimpin-pemimpin kita,” pungkas Zainuddin.

 

Sumber : Berkat PLTS di Siandau, KESDM Bantu Pangkas Pengeluaran Warga Teluk Sekatak
Berkat PLTS di Siandau, KESDM Bantu Pangkas Pengeluaran Warga Teluk Sekatak
Jitunews

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here