Thursday, October 21, 2021
Home Jitu News Berkunjung ke Indonesia, Presiden Afganistan Cium Kening Seorang Anak yang Menyambutnya

Berkunjung ke Indonesia, Presiden Afganistan Cium Kening Seorang Anak yang Menyambutnya

Presiden Afganistan, Mohammad Ashraf Ghani, mengunjungi Indonesia untuk pertama kalinya pada hari Rabu (5/4/2017). Kedatangan Mohammad Ashraf disambut Presiden Joko Widodo (Jokowi) dengan upacara kenegaraan. Tampak pula anak-anak Indonesia berbusana daerah turut memeriahkan rangkaian acara penyambutan.

Presiden Mohammad Ashraf kemudian menyapa dan menyalami anak-anak tersebut. Bahkan, terlihat dalam sebuah video yang diunggah pihak Setkab (Sekretariat Kabinet), Presiden Mohammad Ashraf sempat terlihat mencium kening salah satu anak yang berada di barisan depan dan menyapa anak tersebut dengan wajah yang sangat ramah.

Acara kemudian dilanjutkan dengan veranda talk yang berlangsung cukup lama. Setelah itu, kedua presiden mengadakan pertemuan bilateral yang juga diikuti oleh beberapa pejabat.

 

Pada pertemuan kali ini, Presiden Jokowi dan Presiden Mohammad Ashraf membicarakan berbagai topik bilateral dan sepakat untuk meningkatkan kerja sama di berbagai bidang, termasuk pembangunan perdamaian, pembangunan kapasitas, dan juga bidang perdagangan.

“Indonesia menyambut baik upaya yang dilakukan pemerintah Afghanistan dalam menciptakan stabilitas dan perdamaian. Indonesia siap berbagi pengalaman mengenai rekonsiliasi untuk perdamaian,” kata Presiden Jokowi.

Indonesia dan Afganistan sepakat untuk memperluas kerja sama pengembangan kapasitas di bidang hukum, perumahan dan pekerjaan umum, kebijakan fiskal, dan juga pendidikan tinggi.

Presiden Mohammad Ashraf juga mengungkapkan kesannya terhadap Indonesia. Menurutnya, Indonesia merupakan negara yang kaya budaya. Ia juga mengaku dirinya telah mengetahui budaya Indonesia sejak remaja, mengingat hubungan baik Indonesia dan Afganistan telah berjalan selama 62 tahun.

“Indonesia adalah simbol dari harapan. Indonesia adalah simbol keberhasilan dan kisah dari pemimpin yang baik dan kisah yang baik dalam kepemimpinan politik, budaya, dan global,” kata Presiden Mohammad Ashraf.

Turut mendampingi presiden pada kesempatan tersebut antara lain Menko Polhukam Wiranto, Menko Perekonomian Darmin Nasution, Menlu Retno Marsudi, Mensesneg Pratikno, Seskab Pramono Anung, Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin, Mendikbud Muhadjir Effendy, Menteri Pertanian Amran Sulaiman, dan Kapolri Jenderal Tito Karnavian.

@jitunews http://www.jitunews.com/read/56327/berkunjung-ke-indonesia-presiden-afganistan-cium-kening-seorang-anak-yang-menyambutnya#ixzz4dS0VPEcd

Most Popular

Recent Comments