Friday, September 24, 2021
Home Nasional Bersaksi di Depan Pansus, Saksi Mengaku Diberikan Identitas Palsu dan Fasilitas oleh...

Bersaksi di Depan Pansus, Saksi Mengaku Diberikan Identitas Palsu dan Fasilitas oleh KPK

Saksi kasus dugaan suap sengketa Pilkada di Mahkamah Konstitusi, Miko Panji Tirtayasa, memberikan keterangannya di Pansus Angket Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Selasa (25/7). Dalam kesaksiannya, Miko mengaku diberikan identitas palsu oleh KPK.

“Saya diberi identitas baru. Yang tadinya namanya Niko menjadi Miko,” ujarnya.

Selain itu, selain Kartu Tanda Penduduk (KTP), ia juga pernah diberikan kartu identitas pegawai KPK yang diperolehnya langsung dari Novel Baswedan. Selain itu, Miko yang memiliki perkara pidana umum ditawari Novel untuk bekerja sama agar pidananya tersebut dicabut. Merasa terpojokkan, Miko pun akhirnya bersedia.

“Ini agar saya tidak terkena oleh pidana umum. Karena Pak Novel ini mencari celah. Beliau mengecek ke Polsek Cibinong, Polres Tasikmalaya, maupun Polres Sukabumi dan Polres Kabupaten Bandung,” ujarnya.

Ia kemudian menggunakan identitas palsu pemberian KPK tersebut dalam setiap BAP dan persidangan yang dilaluinya, termasuk persidangan Muchtar Effendy dan Akil Mochtar.

Miko yang mengaku nama aslinya Niko tersebut, juga mengungkapkan bahwa dirinya mendapat fasilitas enak oleh KPK. “Saya dikasih fasilitas enak. Pijat. Betul ini pak. Silakan cek ke Aston Rasuna Said,” katanya lagi.

Di hotel tersebut pula ia mendapat pengarahan dari jaksa. “Ini baru P-21, jaksanya ngeri, Pak Pulung itu, Pak, yang botak itu, saya masih ingat betul. Mobilnya ingat, sama jaksa Rini yang rambutnya pendek, eh Bu Eli. Saya di sana diarahkan harus jawab apa, omong apa,” ujarnya.

Bukan hanya fasilitas enak di hotel, Miko juga mengaku mendapat kesempatan berlibur ke sejumlah tempat eksotis di Indonesia berikut santunan tiap bulan oleh KPK.

 

Sumber : Bersaksi di Depan Pansus, Saksi Mengaku Diberikan Identitas Palsu dan Fasilitas oleh KPK

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments