BI Gelar Seminar Internasional Bahas Industri Manufaktur Indonesia

0
46

Bank Indonesia (BI) hari ini menggelar seminar internasional membahas sektor manufaktur di Indonesia, dengan tema Structural Transformation through Manufacturing Sector Development for High and Sustainable Economic Growth.

Seminar ini dibuka oleh Deputi Gubernur BI, Dody Budi Waluyo. Dam dihadiri oleh Pendiri Institute for Manufacturing Cambridge University Sir Miker Gregory, perwakilan dari Kemenko Bidang Perekonomian Raden Edi Priyo Pambudi, perwakilan dari Kementerian Perindustrian Doddy Rahadi, perwakilan Kementerian Keuangan Rofyanto Kurniawan. Hadir pula Country Director Indonesia Resident Asian Development Bank (ADB) Winfried F Wicklein dan Lead Country Economist, World Bank Indonesia.

“Seminar ini bertujuan untuk pertama, membahas peta jalan strategi pengembangan manufaktur Indonesia dan mencapai pemahaman bersama tentang kebijakan dan strategi industri yang paling tepat yang didukung oleh praktik terbaik dari negara lain,” kata Dody, di Gedung BI,¬†Jakarta, Senin (12/8).

Selain itu, Dody mengungkapkan seminar juga bertujuan untuk meningkatkan kesadaran di kalangan pembuat kebijakan, para pelaku industri sektor manufaktur dan publik tentang peran pengembangan sektor manufaktur sebagai bagian dari struktur transformasi ekonomi.

“Ketiga, untuk mendapatkan komitmen dari setiap pembuat kebijakan dan pemangku kepentingan untuk mendukung pengembangan sektor manufaktur yang juga meningkatkan ekspor dan mendorong pertumbuhan ekonomi yang lebih tinggi dan lebih berkelanjutan,” ujarnya.

Dody berharap seminar internasional tersebut dapat menghasilkan suatu keputusan dan pemahaman yang sama antar semua pemangku kepentingan di sektor manufaktur.

“Semoga Anda semua memiliki diskusi yang memperkaya dan bermanfaat dan berharap bahwa kami dapat berkontribusi pada pengembangan sektor manufaktur, sehingga kami dapat meningkatkan neraca transaksi berjalan dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi secara berkelanjutan,” tutupnya.¬†

Sumber : Merdeka.com