Monday, September 27, 2021
Home Nasional Bicara Soal Wacana Polisi Rekrut 'Pak Ogah' untuk Atur Lalu Lintas

Bicara Soal Wacana Polisi Rekrut ‘Pak Ogah’ untuk Atur Lalu Lintas

Rencana Polda Metro Jaya untuk merekrut tenaga sukarela pengatur lalu lintas atau yang lebih dikenal dengan sebutan ‘Pak Ogah’ ditanggapi Dinas Perhubungan (Dishub). Meski bertujuan baik, pihak Dishub ingin wacana tersebut dikaji ulang.

Wakil Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Sigit Wijatmoko, mengatakan bahwa menurut Perda Nomor 8 Tahun 2014 tentang Ketertiban Umum, pihak-pihak yang tidak memiliki wewenang tidak diizinkan melakukan pengaturan lalu lintas dengan tujuan mendapatkan imbalan.

Menurutnya, para ‘Pak Ogah’ dalam melaksanakan tugasnya juga harus memiliki kemampuan yang mumpuni. Selain itu, pengawasan yang ketat harus dilakukan agar wacana tersebut tidak disalahgunakan oleh pihak-pihak yang memang ingin mencari keuntungan terselubung.

“Mereka petugas yang melakukan pelayanan tersebut harus punya kemampuan teknis. Lalu apakah nanti ini juga tidak jadi, dalam tanda kutip, bisnis baru buat warga? Kita harus cermat,” kata Sigit di Balai Kota Jakarta, Senin (24/7).

Terkait banyaknya hal yang harus dipikirkan secara matang, Sigit sempat menyuarakan idenya untuk merekrut para purnawirawan polisi lalu lintas yang masih memiliki kondisi fisik prima.

“Purnawirawan polisi lalu lintas kan banyak yang masih gagah. Kenapa enggak itu saja? Dengan demikian tidak perlu ada pelatihan dan pembinaan lagi,” ujarnya.

Sebelumnya, wacana perekrutan ‘Pak Ogah’ tersebut terlontar dari Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Halim Pagarra. Ia juga menyebut akan melakukan pelatihan agar para ‘Pak Ogah’ memahami betul apa yang harus dilakukan ketika mengatur lalu lintas.

“Kami rencananya melatih mereka. Ada pengetahuan tentang lalu lintas, (kendaraan) mana yang didahulukan, dan juga soal gerakan lalu lintas,” kata Halim, Sabtu (22/7) lalu.

 

Sumber : Bicara Soal Wacana Polisi Rekrut ‘Pak Ogah’ untuk Atur Lalu Lintas

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments