Friday, September 24, 2021
Home Nasional BIN Jelaskan Ada 2 Strategi Penangkapan Teroris

BIN Jelaskan Ada 2 Strategi Penangkapan Teroris

Direktur Komunikasi dan Informasi BIN, Wawan Hari Purwanto mengatakan bahwa setiap langkah penindakan yang dilakukan oleh Densus 88 terhadap setiap pelaku teroris sudah melewati langkah penyelidikan yang cukup lama dan berdasarkan data yang kuat.

“Tidak mungkin pihak Densus langsung melakukan penangkapan tanpa memiliki bukti yang kuat. Sebelum melakukan penindakan tentunya pihak Densus sudah memiliki bukti yang cukup,” demikian kata Wawan Hari Purwanto, di Jakarta, Minggu (4/6).

Hal ini dikatakan Wawan untuk menepis setiap anggapan publik yang menilai bahwa pihak Densus sering kali salah dalam melakukan identifikasi pelaku teroris.

Ia menjelaskan bahwa dalam upaya memberantas teroris ada 2 strategi yang dilakukan, pertama adalah strategi mengumpulkan data dan mengidentifikasi dan kedua langkah penindakan.

“Hampir dalam langkah penanganan teroris itu 90 persen adalah langkah identifikasi dan pengamatan dan 10 persen sisanya langkah penindakan. Maka tidak benar bahwa langkah penindakan tidak memiliki bukti yang cukup,” jelasnya.

Ia juga berharap agar peran masyarakat dalam memberikan informasi ke pihak berwajib juga harus terus di tingkatkan. Menurutnya perlu ada langkah kerjasama antara pihak kepolisian dengan masyarakat, sehingga informasi yang disampaikan bisa cepat dan penanganannya juga bisa langsung di lakukan.

Sementara itu mantan terpidana teroris, Sofyan Tsuari mengakui bahwa penyelidikan pihak kepolisian sebelum melakukan penindakan terhadap pelaku teroris dilakukan sejak lama. Ia kemudian menyebutkan bahwa dari pengalamannya pihak kepolisian ternyata sudah melakukan penyelidikan atas kasus yang menimpanya selama 1 tahun.

“Dalam kasus yang saya alami, pihak kepolisian sudah melakukan penyelidikan selama 1 tahun, baru kemudian melakukan penindakan setelah mendapatkan bukti yang kuat. Pihak kepolisian mengikuti kita setiap saat, hanya ke kamar mandi dan bersama istri saja yang mereka ngga ikut, tetapi kalau yang lainnya selalu mereka awasi,” katanya.

 

Sumber : BIN Jelaskan Ada 2 Strategi Penangkapan Teroris
BIN Jelaskan Ada 2 Strategi Penangkapan Teroris
Jitunews

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments