Friday, September 24, 2021
Home Nasional BMKG Prediksi Suhu Jakarta 35,6 Derajat Celsius Saat Fenomena Equinox

BMKG Prediksi Suhu Jakarta 35,6 Derajat Celsius Saat Fenomena Equinox

Badan Meteorologi dan Klimatologi Geofisika (BMKG) memprediksi suhu wilayah DKI Jakarta pada saat fenomena equinox terjadi hari ini, Selasa (21/3/2017) akan mencapai 35,6 derajat celsius.

“Berdasarkan hasil pengamatan suhu maksimum di wilayah Indonesia, suhu maksimum terukur yang tertinggi saat ini terjadi di wilayah Jakarta, dengan kisaran 35,6 derajat Celsius,” kata Yunus Swarinoto selaku Deputi Bidang BMKG.

Sementara itu, suhu di wilayah lain berkisar antara 33-35 derajat celsius. Fenomena equinox ini akan berlangsung dua kali selama satu tahun. Pada tahun 2017 jatuh pada hari ini 21 maret dan 23 september mendatang.

 

BMKG sebelumnya sudah mengimbau masyarakat agar tidak merasa khawatir. Pasalnya, suhu pada saat fenomena itu terjadi tidak akan berubah secara drastis.

Equinox sebetulnya maerupakan fenomen astronomi yang membuat distribusi cahaya matahari relatif lebih signifikan di sekitar ekuator, sehingga kondisi permukaan bumi relatif lebih panas daripada biasanya.

Lebih lanjut, Yunus mengungkapkan bahwa suhu di wilayah Indonesia rata-rata berkisar 33-36 derajad celsius pada saat equinox terjadi.

“Dan itu tergantung pada kondisi cuaca. Jika banyak awan, maka suhu maksimumnya relatif tidak terlalu panas,” tuturnya.

@jitunews http://www.jitunews.com/read/55265/bmkg-prediksi-suhu-jakarta-35-6-derajat-celsius-saat-fenomena-equinox#ixzz4c1Lp6lJ0

Most Popular

Recent Comments