Bos PT SSS Ditahan Terkait Kasus Kebakaran Hutan di Riau

0
8

Direktorat Reserse Kriminal Polda Riau melakukan penahanan terhadap pimpinan PT Sumber Sawit Sejahtera (SSS) berinisial OAH. Dia merupakan yang paling bertanggung jawab atas kebakaran lahan PT SSS seluas 150 hektare.

“Pimpinan PT SSS inisial AOH tersangka yang bertanggung jawab atas kebakaran lahan itu kita tahan tadi malam (Senin),” ujar Direskrimsus Polda Riau, AKBP Andri Sudarmadi, Selasa (8/10).

Andri berjanji akan memberikan keterangan pers terkait penahanan pimpinan di perusahaan perkebunan kelapa sawit itu. Mulai dari perannya, hingga akibat yang ditimbulkan dari kebakaran lahan di perusahaan itu.

PT SSS di Desa Pangkalan Terap, Kecamatan Teluk Meranti, Kabupaten Pelalawan, ditetapkan sebagai tersangka dugaan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) pada awal Agustus 2019 lalu. Perusahaan itu lalai menjaga lahan konsesinya.

Sementara itu, Kabid Humas Polda Riau, Kombes Sunarto mengatakan penyelidikan terhadap PT SSS sudah dilakukan sejak Februari 2019 lalu. Dimulai dari ditemukannya titik api, rambatan api, asessment dan kesiapan perusahaan dalam penanganan kebakaran hingga perkara ditingkatkan ke penyidikan .

Proses penyelidikan hingga peningkatan status ke tahap penyidikan perkara Karhutla melibatkan korporasi membutuhkan waktu lama. Penyidik harus memperhitungkan konstruksi hukum secara matang, termasuk mempelajari data hingga keterangan dari ahli.

Dalam proses penyidikan, Polda Riau sudah meminta keterangan dari pihak perusahaan. Mulai dari direktur utama perusahaan, direktur, humas dan lainnya di antaranya, OAH.

PT SSS merupakan korporasi pertama yang ditetapkan sebagai tersangka Karhutla pada 2019. Selain korporasi, Polda Riau dan jajaran juga sudah menetapkan puluhan tersangka perorangan.

Sumber : Merdeka.com