Thursday, September 16, 2021
Home Nasional Buni Yani Ajukan Nota Keberatan, Sidang Lanjutan Digelar Pekan Depan

Buni Yani Ajukan Nota Keberatan, Sidang Lanjutan Digelar Pekan Depan

Buni Yani, terdakwa kasus dugaan pelanggaran Undang-Undang (UU) ITE menghadiri sidang perdananya hari ini, Selasa, tanggal 13 Juni 2017. Sidang perdana tersebut beragendakan pembacaan dakwaan.

Pada dakwaan pertama, Buni Yani didakwa melakukan penghapusan kata ‘pakai’ dalam video Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) saat melakukan kunjungan di Kepulauan Seribu. Atas dakwaan tersebut, Buni Yani merasa keberatan.

“Saya tidak mengerti dengan dakwaan Pasal 32 karena saya belum pernah diperiksa terkait pasal itu,” ujar Buni Yani usai menjalani sidang di Pengadilan Negeri (PN) Bandung, Selasa (13/6).

Buni Yani mengaku dirinya tidak pernah diperiksa terkait Pasal 32, karena dari awal ia merasa hanya dipersangkakan Pasal 28.

“Hanya Pasal 28 yang saya mengerti, karena sudah diperiksa. Silakan saja periksa berkas saya, saya tidak pernah diperiksa soal Pasal 32. Dari awal saya dipersangkakan Pasal 28, lalu ini tiba-tiba muncul,” lanjutnya.

Pada dakwaan kedua, Buni Yani dituntut karena menyebarkan informasi yang menimbulkan kebencian terhadap masyarakat berdasarkan suku, agama, ras, dan antargolongan (SARA).

Pengacara Buni Yani, Aldwin Rahadian, juga merasa keberatan dengan dakwaan yang ditujukan kepada kliennya.

“Dalam dakwaan disebutkan Buni Yani mengubah dan mengedit video, itu bohong, tidak berdasar dakwaan jaksa,” kata Aldwin Rahadian.

Aldwin menyebut kliennya tidak mengubah apapun dalam video pidato Ahok tersebut, ia mengatakan Buni hanya mengunggah ulang saja.

“Pak Buni hanya mengunggah ulang saja. Jadi dakwaan Pasal 32 itu jelas tidak ada dalam fakta penyidikan. Pak Buni tidak pernah sekali pun dipanggil dan diperiksa atas tuduhan pasal itu, artinya tiba-tiba nempel saat masuk proses peradilan,” lanjutnya.

Oleh karena itu, Buni Yani mengajukan nota keberatan atau eksepsi, dan sidang lanjutan akan digelar pada hari Selasa, tanggal 20 Juni 2017 mendatang.

 

Sumber : Buni Yani Ajukan Nota Keberatan, Sidang Lanjutan Digelar Pekan Depan
Buni Yani Ajukan Nota Keberatan, Sidang Lanjutan Digelar Pekan Depan
Jitunews

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments