Bupati Sintang Resmikan Listrik Tiga Desa

0
13

Bupati Sintang, Jarot Winarno, didampingi GM PLN Kalimantan Barat (Kalbar), Richard Safkaur, meresmikan pengoperasian listrik desa (Lisdes) di Desa Sei Tapang pada hari Selasa (5/12). Acara yang dihadiri oleh Camat Dedai; Ketua Komisi A DPRD Kabupaten Sintang, Sahroni; Kapolres dan Danramil Dedai dilaksanakan di lapangan Balai Desa Sei Tapang

Menurut Richard, untuk melistriki Desa Sei Tapang, PLN Wilayah Kalbar membangun jaringan distribusi SUTM sepanjang 3,995 km, dan Jaringan Tegangan Rendah (JTR) sepanjang 2,578 km.

Selain di Desa Sei Tapang, PLN juga membangun SUTM sepanjang 5,165 km dan JTR sepanjang 7,410 km untuk mengaliri listrik ke Desa Sungai Mali. Sementara untuk memasok listrik ke Desa Riguk, PLN membangun JTM sepanjang 6,985 km dan JTR sepanjang 4,554 km.

 

“Kami berharap masuknya listrik di beberapa desa ini nantinya akan mempermudah segala aktivitas warga, mendorong pertumbuhan ekonomi, meningkatkan kesejahteraan masyarakat di desa setempat. Ada 538 KK yang kelak akan menikmati listrik dari PLN”, ungkap Richard.

Lebih lanjut, pihaknya menyampaikan bahwa PLN akan senantiasa berupaya memberikan listrik yang cukup untuk masyarakat di Kecamatan Dedai.

Dalam sambutannya, Bupati Sintang, Jarot Winarno, mengungkapkan bahwa seluruh warga sangat bersyukur dengan masuknya tenaga listrik ke desa mereka.

“Setelah 72 tahun merdeka akhirnya dapat menikmati indahnya tenaga listrik masuk ke desa mereka,” ungkap Jarot.

Jarot juga mengatakan bahwa besar harapannya seluruh desa dan dusun di Kabupaten Sintang dapat segera terlistriki sehingga dapat terwujud Sintang yang terang pada tahun 2019.

Sementara itu, menurut Santo (45), salah seorang warga Sei Tapang, masuknya listrik di desa yang berpenduduk sekitar 128 KK ini menjadi anugerah yang tak terhingga. Menurutnya, untuk memenuhi kebutuhan listrik, selama ini warga menggunakan genset pribadi di rumah masing-masing.

“Biaya yang kami keluarkan untuk membeli BBM setiap bulan cukup besar, dan tentunya sangat memberatkan warga desa. Masuknya listrik di desa kami akan sangat membantu meringankan beban hidup, memudahkan segala aktivitas sehari-hari. Terima kasih kami ucapkan kepada pemerintah melalui PLN yang telah bersedia mengalirkan listrik ke rumah-rumah kami,”ungkap Santo seraya tersenyum bahagia.

Pada kesempatan ini, PLN juga menyalurkan bantuan pendidikan untuk siswa di SD Negeri 13 Sungai Tapang. Bantuan berupa paket sekolah untuk 60 siswa, laptop, printer dan sarana penunjang lainnya diserahkan langsung oleh General Manager PLN Wilayah Kalimantan Barat kepada Kepala SD Negeri 13, Tri Maryanti Sutarno.

Diharapkan, hadirnya listrik dan bantuan pendidikan yang diberikan ini dapat meningkatkan kualitas pendidikan sehingga anak-anak di desa Sungai Tepang memiliki masa depan yang lebih indah.

 

 

Sumber : Bupati Sintang Resmikan Listrik Tiga Desa
Bupati Sintang Resmikan Listrik Tiga Desa
Jitunews

Comments

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here