Sunday, August 1, 2021
Home Nasional Buruh Kalbar Karolin Mampu Wujudkan Kesejahteraan Buruh di Kalbar

Buruh Kalbar Karolin Mampu Wujudkan Kesejahteraan Buruh di Kalbar

Pilkada Gubernur Kalimantan Barat tahun 2018 diharapkan dapat menghasilkan pemimpin yang mampu mewujudkan kesejahteraan buruh di Kalimantan Barat. Hal itu disampaikan pegiat isu ketenagakerjaan dan jaminan sosial Kalimantan Barat, Agustino Hembrian Assa melalui keterangan persnya, Senin (25/5/2018).

Menurut Agustino, pemimpin Kalimantan Barat kedepan harus mampu memiliki atensi dan komitmen bagi buruh.

“Kawan kawan kami, khususnya pekerja kontrak atau alihdaya di perusahaan swasta maupun perusahaan BUMN mendambakan pemimpin yang punya perhatian “lebih” kepada buruh,” kata Agustino.

Agustino menambahkan, berdasarkan pengalamanya dalam pengadvokasian masalah ketenagakerjaan di Kalbar, Bupati Landak Karolin Margaret Natasha memiliki rekam jejak yang baik dalam menjawab tuntutan publik terkait masalah buruh.

“Saat upah kami terus ” terlambat” dibayarkan, kerja kontrak berkepanjangan, intimidasi dari perusahaan yang berlebihan dan soal keselamatan kerja kami yang terabaikan, kami dibantu oleh Karolin. Karolin yang menjabat Bupati Landak kala itu, menunjukkan perhatiannya,” kata Agustino.

“Beliau mendorong berbagai pihak, mulai dari Dinas Tenaga Kerja dan DPRD untuk segera mengambil tindakan. Bahkan, hjngga akhirnya, beliau “terjun” langsung membuka komunikasi untuk penyelesaiannya. Yang dilakukan Karolin, layak menjadi acuan, kelak dirinya menjadi Gubernur Kalbar. Karol sudah punya bekal di soal ini,” imbuhnya.

Bagi Agustino, rekam jejak calon pemimpin dalam menyelesaikan persoalan ketenagakerjaan perlu menjadi konsentrasi publik karena masalah ketenagakerjaan sangat kompleks. Di Kabupaten Landak, tutur Agustino, persoalan ketenagakerjaan mendapat perhatian serius dari Pemerintah Kabupaten.

“Hingga akhirnya permasalahan difasilitasi hingga ke kantor Pusat BUMN tersebut, DPR RI dan kementerian BUMN. Awalnya mungkin hanya Landak saja, tetapi sudah sampai di Pusat kita bicara tentang Kalimantan Barat. Dan hasilnya sangat luar biasa. Kawan kawan yang dulu mau di PHK secara sistematis akhirnya dipekerjakan kembali, SOP mulai diperbaiki hingga jaminan sosial pun dituntut wajib sesuai UU,” ujar Agustino.

 

Sumber : Buruh Kalbar: Karolin Mampu Wujudkan Kesejahteraan Buruh di Kalbar
Buruh Kalbar: Karolin Mampu Wujudkan Kesejahteraan Buruh di Kalbar
Jitunews

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments