Tuesday, August 3, 2021
Home ENERGI UMUM Capai Target di 2025, Dirjen EBTKE: We Are The Champion!

Capai Target di 2025, Dirjen EBTKE: We Are The Champion!

Pemerintah, dalam hal ini Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (KESDM) tengah ‘ngebut’ untuk menyelesaikan beberapa program bertajuk ‘energi berkeadilan‘ sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Salah satu program yang diusung adalah Energi Baru dan Terbarukan (EBT) untuk tahun 2025, khususnya di sektor panas bumi atau lebih dikenal geothermal.

Direktur Jenderal Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi (EBTKE) Kementerian ESDM, Rida Mulyana, mengatakan bahwa program inilah yang akhirnya memunculkan Peraturan Menteri (Permen) ESDM No 12 tahun 2017, tentang pemanfaatan sumber energi baru terbarukan untuk kepentingan ketenagalistrikan nasional.

“Sesuai dengan keinginan Presiden (Jokowi) yang menginginkan harga murah, energi berkeadilan yang langsung bisa dimanfaatkan oleh seluruh lapisan masyarakat, maka permen 12 ini harus ada,” ujar Rida di Hotel Aryaduta, Jakarta, Kamis (18/5).

Dalam hal ini, Rida menjelaskan dengan harga murah maka golongan masyarakat yang kurang mampu akan memiliki daya beli, khususnya untuk para pelaku industri yang disebutnya akan meningkatkan perekonomian.

“Industri kalau listriknya murah ya industrinya jalan. Kalau murah kan daya saingnya bagus, perekonomian meningkat dan menurunkan tingkat kemiskinan juga. Meskipun di satu sisi, manakala ada masyarakat yang mampu tapi gratis. Ini yang akan timbul masalah baru,” jelasnya.

“Nggak ada bisnis yang mudah, pasti susah. Itulah salah satu semangat dari permen 12 ini. Makin ke sini saya makin mengerti kenapa ada tagline energi berkeadilan dan listrik murah,” lanjutnya.

Kemudian, Rida menuturkan bahwa energi berkeadilan ini belum tentu menjadi jalan keluar yang terbaik. Kendati demikian, ia tetap optimis meski kondisi saat ini sangat terjal untuk dilalui.

“Apakah ini yang terbaik? Belum tentu juga. Namanya kebijakan tentu tidak semua akan merasa comfortable. Yang penting tetap optimis. Terkadang, kita harus melewati jalan terjal agar lebih kuat,” cetusnya.

“Kita harus memberi masukan ke pemerintah agar masyarakat semakin tahu akan energi panas bumi di Indonesia. Saya sebagai Dirjen tidak ada niat menghambat masyarakat. Yang penting tahun 2025 tugas bersama untuk memenuhi target. Tahun ini sudah nyusul pertamina meski masih merangkak lah. Tapi tahun 2025, we are the champion,” pungkasnya.

Sumber : Capai Target di 2025, Dirjen EBTKE: We Are The Champion!
Capai Target di 2025, Dirjen EBTKE: We Are The Champion!
Jitunews

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments