Thursday, October 21, 2021
Home ENERGI UMUM Catat! Bulan Depan Tarif Listrik Turun Bukan Naik

Catat! Bulan Depan Tarif Listrik Turun Bukan Naik

Menteri ESDM, Ignasius Jonan, menegaskan bahwa tarif dasar listrik (TDL) tidak akan naik mulai tanggal 1 Juli 2017 hingga 31 Desember 2017.

“Agar efisiensi PLN, tarif listrik tidak ada penyesuaian dari tanggal 1 Juli sampai 31 Desember 2017. Kami akan coba sebisa mungkin. Untuk industri kami perlukan daya saing yang luar biasa, dan Presiden Jokowi meminta efisiensi supaya tidak ada tarif penyesuaian,” terang Ignasius Jonan kepada wartawan, di gedung Sekretariat Jenderal Kementerian ESDM, Jl Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Rabu (5/7).

Bahkan, Jonan melanjutkan, TDL perumahan bisa saja diusulkan turun setiap tiga bulan sekali.

“Tarif listrik pelan-pelan dua tahun ke depan akan turun. Ingat, tapi pelan-pelan ‘lho ya’, paling tidak turunnya lima persen,” kata Jonan.

Mantan Menteri Perhubungan ini meminta waktu paling tidak sampai tahun 2020 mendatang tarif listrik diupayakan mengalami penurunan.

Pihaknya, kata Jonan, meminta PLN untuk mengoperasikan usaha seefisien mungkin.

“Caranya ya harus efisiensi usaha dari PLN, agar tarif bisa berangsur turun. Masih banyak orang bisa membeli listrik tapi tidak tersedia listrik, atau sebaliknya,” ia menambahkan.

Masih dari penuturan Jonan, penghematan subsidi listrik pun sedang diupayakan. Caranya, pengalihan biaya subsidi tidak sepenuhnya digunakan untuk infrastruktur penunjang listrik tapi juga untuk membangun jalan, jembatan dan infrastruktur lainnya yang dibutuhkan masyarakat.

Tantangan lainnya yaitu listrik juga bergantung pada kurs mata uang asing karena Independen Power Producer (IPP) atau pemasok sumber listrik independen masih menggunakan nilai kurs dolar, sehingga biaya jualnya bisa berubah-ubah.

Tujuan dari efisiensi tersebut adalah harus mampu memenuhi kebutuhan listrik masyarakat, tapi harga yang ditawarkan juga memenuhi harapan masyarakat sebagai konsumen listrik. Juga, ketersediaan listrik dalam program 35.000 MW.

Selanjutnya, kata terakhir yang dicapai adalah listrik selalu tersedia dengan harga yang kian menurun.

“Tahun 2018, mudah-mudahan juga bisa dilakukan efisiensi yang sama atau lebih sehingga tidak mengalami penyesuaian tarif lagi,” harapnya menutup pembicaraan.

 

Sumber : Catat! Bulan Depan Tarif Listrik Turun Bukan Naik
Catat! Bulan Depan Tarif Listrik Turun Bukan Naik
Jitunews

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments