Monday, August 2, 2021
Home Nasional Laporan Khusus Cegah macet, pemudik pemotor diharap beli tiket kapal lewat online

Cegah macet, pemudik pemotor diharap beli tiket kapal lewat online

Memasuki puncak arus Mudik Lebaran 1438 Hijriah yang diperkirakan jatuh pada H-3, pihak ASDP Indonesia Ferry (persero) Bali mengharapkan pemudik yang menggunakan kendaraan pribadi bisa membeli tiket kapal penyeberangan lewat online.

Direktur Fasilitas dan Pelayanan PT ASDP Indonesia Ferry (persero), Christin Hutabarat, mengatakan puncak arus mudik Lebaran umumnya terjadi saat H-3. Itu terjadi khusus di wilayah Bali terpantau lebih banyak di Pelabuhan Gilimanuk menuju ke Ketapang Banyuwangi.

Volume kendaraan paling banyak adalah mereka yang menggunakan kendaraan roda dua. Karenanya, dengan dibukanya penjualan tiket lewat online diharapkan pemudik bisa memanfaatkannya.

“Guna menghindari antrean yang panjang. Harapan kita pemudik yang menggunakan kendaraan pribadi, khususnya roda dua bisa memanfaatkan jasa pelayanan pembelian tiket secara online,” kata Christine di Denpasar, Bali, Jumat (9/6).

Selain itu, ASDP juga menyiapkan 288 trip penyeberangan sehari pada angkutan Lebaran kali ini. “Jadi nanti untuk skema sangat padat akan kami terapkan 288 trip penyeberangan dalam seharinya,” katanya.

Manager Usaha ASDP Cabang Gilimanuk, Heru Wahyono menambahkan ada tiga skema penyeberangan yang akan diterapkan selama berlangsungnya angkutan Lebaran 1438 H.

Dia mengatakan, ada 49 kapal yang di-standby-kan. Untuk skema pertama, skema normal yakni penyeberangan dengan arus normal dengan dilayani oleh 30 kapal penyeberangan.

Kedua yakni ketika arus padat dengan pengoperasian 32 kapal penyeberangan dengan masing-masing kapal penyeberangan yang memiliki 9 trip per harinya.

Terakhir yakni skema arus penyeberangan sangat padat yakni masih dengan mengoperasikan 32 unit kapal penyeberangan. Namun, pada skema sangat padat ini pihak ASDP akan melangsungkan penambahan trip dari 9 trip normal per hari menjadi 10 trip per hari jika kondisi penyeberangan sangat padat pada puncak arus mudik nanti.

Begitu pula dengan Port Time (bongkar muat) dan Sailing Time (waktu berlayar) yang akan dipangkas sedemikian rupa guna memaksimalkan penyeberangan.

Kapal-kapal ini akan beroperasi di 5 dermaga yang ada di Pelabuhan Penyeberangan Gilimanuk yakni dermaga Mobile Bridge (MB) I, MB II, MB III, dermaga Ponton dan dermaga Landing Craft Machine (LCM).

Guna memaksimalkan pelayanan, pihaknya juga akan membuka loket tiket khusus untuk kendaraan angkutan barang yang berada di dermaga LCM.

Begitu pula dengan opsi memanggil Kapal Motor Penyeberangan (KMP) berkapasitas jumbo yakni Portlink VII yang masih disiapkan pihaknya sesuai dengan kondisi penyeberangan terutama saat puncak arus Mudik nanti.

“Prediksi kami, puncak arus mudik nanti akan berlangsung pada H-3 dan H-2 Lebaran karena saat itu juga bersamaan dengan pembagian THR. Nanti juga ada cuti bersama dua hari sebelum Lebaran, jadi ramainya pasti saat H-3 dan H-2 itu,” tutupnya. [dan]

 

 

https://www.merdeka.com/peristiwa/cegah-macet-pemudik-pemotor-diharap-beli-tiket-kapal-lewat-online.html

Most Popular

Recent Comments