Saturday, January 29, 2022
Home Nasional Cegah Penularan Penyakit, Bamsoet Minta Kemenkes Lakukan Hal Ini

Cegah Penularan Penyakit, Bamsoet Minta Kemenkes Lakukan Hal Ini

Studi beban penyakit global (Global Burden of Disease/GBD) yang dilakukan oleh lembaga penelitian Institute for Health Metrics and Evaluation (IHME) dari University of Washington menunjukan hasil bahwa penyakit infeksi saluran nafas bawah, diare, dan tuberkulosis (TBC) menjadi tiga penyakit penyebab utama kematian dan disabilitas di Indonesia.

Menanggapi hal tersebut, Ketua DPR RI, Bambang Soesatyo (Bamsoet) meminta Komisi IX DPR mendorong Kementerian Kesehatan (Kemenkes) untuk segera mengambil tindakan cepat dan konsisten untuk menciptakan akses kesehatan yang mudah dijangkau masyarakat.

Hal itu, menurut Bamsoet, berguna untuk mencegah peningkatan penyakit menular maupun tidak menular di Indonesia.

“Hal tersebut guna mencegah terjadinya peningkatan penyakit menular maupun tidak menular dengan memberikan vaksin secara gratis kepada masyarakat, agar dapat mencegah akibat yang ditimbulkan seperti penyakit polio,” ujar Bamsoet di Gedung DPR RI, Jakarta, Senin (2/7).

Mantan Ketua Komisi III DPR ini juga meminta kepada Komisi IX DPR mendorong Kemenkes bersama instansi terkait lainnya untuk memberikan penyuluhan mengenai kontrol risiko atau pencegahan dini terhadap penyakit kepada masyarakat.

Menurutnya masyarakat yang tinggal di daerah yang sulit menjangkau akses-akses kesehatan harus diutamakan oleh Kemenkes bersama instansi terkait.

Bamsoet juga memberikan imbauan pada masyarakat untuk mengikuti program kesehatan yang telah disediakan pemerintah.

“Saya juga mengimbau kepada masyarakat untuk mengikuti program kesehatan ibu dan anak oleh pemerintah dengan cara mengikuti rangkaian imunisasi yang diwajibkan,” imbaunya.

 

Sumber : Cegah Penularan Penyakit, Bamsoet Minta Kemenkes Lakukan Hal Ini
Cegah Penularan Penyakit, Bamsoet Minta Kemenkes Lakukan Hal Ini
Jitunews

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments