Wednesday, August 4, 2021
Home Nasional Cek! Penyebaran 'Si Kuman Bandel' Penyebab Tuberculosis

Cek! Penyebaran ‘Si Kuman Bandel’ Penyebab Tuberculosis

Tuberculosis merupakan penyakit menular yang berbahaya dan dapat menyebabkan kematian di Indonesia. Resiko penularan penyakit ini dipengaruhi oleh kuman, lamanya kontak, dan daya tahan tubuh seseorang.

Pada umumnya penyakit yang disebabkan oleh mycobacterium tuberculosis ini menyerang organ dalam yakni paru-paru. Meski demikian, kuman itu juga dapat menyerang bagian lain seperti tulang, usus, dan kelenjar getah bening.

Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan, dr H Mohamad Subuh mengatakan bahwa pihaknya akan berupaya keras untuk mencegah penularan TB di Indonesia.

“Bagaimana pun penyakit ini masih belum kita kendalikan dengan optimal,”ujarnya, kamis (23/3/2017).

Gejala tertular penyakit ini pada umumnya adalah batuk selama lebih dari 2 pekan disertai demam yang tinggi dan nyeri pada dada.

Potensi penyebaran kuman penyakit TB ini ketika penderita berbicara dengan jarak 30 cm bisa mencapai 210 partikel. Sementara itu, jika bersin jarak 1,5 meter partikel kuman yang berpotensi untuk menular sekitar 4.500 hingga 1 juta.

“Jadi jangan dikira kalau ada orang batuk, kita agak jauh dengan dia, kita tidak bisa terkena, setengah meter saja sudah berpengaruh, tambahnya.

@jitunews http://www.jitunews.com/read/55483/cek-penyebaran-si-kuman-bandel-penyebab-tuberculosis#ixzz4cDT7rEoU

Most Popular

Recent Comments