Monday, August 2, 2021
Home Nasional Cerita di balik penganugerahan menteri terbaik sedunia 2018 dari Indonesia

Cerita di balik penganugerahan menteri terbaik sedunia 2018 dari Indonesia

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mendapatkan Penghargaan Menteri Terbaik di Dunia (Best Minister in the World Award) di World Government Summit yang diselenggarakan di Dubai, Uni Arab Emirates. Penghargaan Menteri Terbaik ini merupakan penghargaan global yang diberikan kepada satu orang menteri dari semua negara di dunia setiap tahunnya dan mulai diberikan pada 2016.

Proses seleksi dan penentuan pemenangnya dilakukan oleh lembaga independen Ernst & Young dan diselenggarakan oleh World Government Summit. Pada 2016, Menteri Lingkungan Australia Greg Hunt terpilih sebagai menteri terbaik. Sementara, Menteri Kesehatan dan Sosial Senegal Awa Marie Coll-Seck yang terpilih di 2017.

Menteri Sri Mulyani menyampaikan apresiasinya menjadi resipien pertama dari Asia yang menerima penghargaan tersebut. Menurutnya, penghargaan tersebut merupakan pengakuan atas kerja kolektif pemerintah di bawah pimpinan Presiden Joko Widodo, khususnya di bidang ekonomi.

Dia juga mendedikasikan penghargaan tersebut kepada 257 juta rakyat Indonesia dan 78.164 jajaran Kementerian Keuangan yang telah bekerja keras untuk mengelola keuangan negara dengan integritas dan komitmen tinggi untuk menciptakan kesejahteraan rakyat yang merata dan berkeadilan.

“Berbagai upaya reformasi kebijakan telah dicanangkan di Kementerian Keuangan, bertujuan untuk mendorong kebijakan fiskal menuju pembangunan yang inklusif dan berkelanjutan. Reformasi birokasi di Kementerian Keuangan juga sudah membuahkan banyak hasil,” kata Menteri Sri Mulyani.

Menteri Sri Mulyani menambahkan, dalam nominasi Menteri Terbaik di Dunia, ada delapan orang Menteri dari pelbagai negara yang terjaring. Proses penentuan pun melalui tahapan yang cukup panjang, dengan meminta informasi dari sejumlah pihak seperti dunia swasta, media massa, media sosial, dan sejumlah lembaga lainnya.

“Tentu dari sisi kriteria, dan apa yang dicari, sepenuhnya dilakukan independen. Hasil yang disampaikan, mereka dapat dari berbagai sumber,” kata dia.

Jokowi dan Sri Mulyani saling lempar pujian

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengaku bangga Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati, mendapatkan penghargaan Menteri Terbaik di Dunia. Menurutnya, penghargaan itu menunjukkan manajemen ekonomi makro Indonesia mengalami perbaikan yang sangat baik.

“Penilaian itu menunjukkan manajemen ekonomi makro kita, pengelolaan ekonomi makro fiskal, pengelolaan APBN kita pada posisi yang tracknya bener, yang hati-hati, yang sangat efektif,” kata Presiden Jokowi.

Dia pun meyakini penghargaan yang diraih Sri Mulyani membanggakan seluruh rakyat Indonesia. “Ya Ini pengakuan dunia dan hanya satu orang menteri. Saya kira kita semuanya bangga,” ucap dia.

Presiden Jokowi kembali mengekspresikan kebanggaannya saat menyelenggarakan sidang kabinet paripurna di Istana Negara, Jakarta. “Pertama-tama, saya ingin mengucapkan selamat terlebih dahulu kepada Menteri Keuangan ibu Sri Mulyani Indrawati yang mendapatkan sebuah kepercayaan menjadi menteri terbaik, satu-satunya menteri terbaik dunia,” kata Presiden Jokowi.

Mendapat apresiasi dari bosnya, Menteri Sri Mulyani pun membalas dengan pujian pada Presiden Jokowi. Menurutnya, perolehan prestasi tersebut juga berkat kepemimpinan Presiden Joko Widodo.

“Ini menurut saya secara pribadi berterima kasih karena Presiden Jokowi memberikan space yang cukup besar bagi kita semua untuk berkiprah secara maksimal,” kata Menteri Sri.

“Leadership dari bapak presiden di dalam komitmen, membuat kita fokus jalankan hal-hal yang fundamental,” imbuhnya.

Harapan Menteri Sri Mulyani

Menteri Sri Mulyani berharap, penghargaan yang diberikan bisa memacu semangat bawahannya di Kementerian Keuangan untuk bekerja optimal. Menteri Sri Mulyani menyadari, tanpa kerja sama pelbagai pihak, dirinya tidak bisa memperoleh penghargaan Menteri Terbaik di Dunia.

“Ini hasil reformasi kita bersama, kebetulan nama saya yang muncul. Tentu yang bangga anak buah di Kemenkeu, tentu saya harap memberi motivasi mereka supaya APBN membaik,” ujar dia.

Seperti diketahui, penyematan terbaik bukanlah yang pertama kali didapat Menteri Sri Mulyani. Sri Mulyani sempat mendapat penghargaan menteri keuangan terbaik dari Euromoney medio 2006 dan dari majalah Emerging Markets periode 2006 hingga 2008.

Finance Asia, majalah keuangan Hong Kong, juga memberikan Sri Mulyani penghargaan sebagai menteri keuangan terbaik pada 2017. Di tahun yang sama, Menteri Sri Mulyani turut masuk dalam daftar tokoh paling berpengaruh dari Indonesia versi Globe Asia.

Sementara itu, majalah Forbes telah memasukkan beberapa kali nama Menteri Sri Mulyani sebagai wanita paling berpengaruh di dunia sejak 2008. Namanya terakhir kali masuk daftar pada 2016 lalu di peringkat 37. [bim]

 

 

 

Sumber : https://www.merdeka.com/uang/cerita-di-balik-penganugerahan-menteri-terbaik-sedunia-2018-dari-indonesia-splitnews-3.html

Most Popular

Recent Comments