Sunday, April 18, 2021
Home Organisasi Cerita Prajurit TNI AD Lewati 'Medan Barat' Patroli Karhutla ke Pelosok Hutan...

Cerita Prajurit TNI AD Lewati ‘Medan Barat’ Patroli Karhutla ke Pelosok Hutan TNTN

Anggota TNI Angkatan Darat dari Babinsa Koramil 04 Pangkalan Kuras Kabupaten Pelalawan, Serka Samsul Wahidin melakukan patroli rutin di wilayah kerjanya. Tidak sendirian, Samsul ditemani anggota Polsek setempat dan Masyarakat Peduli Api (MPA).

“Patroli Karhutla kami laksanakan untuk menjaga agar tidak ada yang membakar hutan dan lahan. Termasuk juga mencari kalau ada pelaku yang sedang melakukan pembakaran,” ujar Samsul, kepada merdeka.com, Senin (15/7).

Samsul menyebutkan, patroli itu sesuai dengan arahan Danramil 04/Pkl Kuras Kapten Infantri Kasmir. Dalam kegiatan patroli yang dilaksanakan Babinsa itu, tampak mereka menelusuri lahan dan kawasan hutan.

“Kami menggunakan kendaraan roda dua, agar lebih leluasa sampai ke pelosok. Walaupun keadaan jalan yang rusak, tetap terus berjalan dengan penuh semangat,” ucapnya.

Serka Samsul memimpin patroli dari desa ke desa sampai ke pelosok Hutan Taman Nasional Tesso Nilo. Selain berpatroli, dia juga mengimbau masyarakat agar tidak melakukan pembakaran lahan dan hutan di wilayah Hutan TNTN.

Di tempat terpisah, Danramil 04 Pangkalan Kuras, Kapten Infantri Kasmir mengatakan, patroli tersebut merupakan kegiatan yang harus dilaksanakan. Dia mendapat perintah dari Dandim 0313 Kampar, Letkol inf Aidil Amin.

“Seluruh personel kewilayahan harus betul-betul bertanggung jawab atas segala sesuatu di wilayahnya. Dengan adanya kegiatan patroli, diharapkan masyarakat tidak melakukan pembakaran lahan dan hutan,” kata Aidil.

“Karena kebakaran hutan dan lahan akan memberikan dampak yang besar bagi kesehatan dan kemajuan perekonomian di wilayah kita,” jelasnya.

Sumber : Merdeka.com

Most Popular

Recent Comments