Saturday, May 28, 2022
Home Nasional Cerita Saksi Kejadian Gedung LBH, Mencekam dan Teriakan 'Ganyang, Bunuh'

Cerita Saksi Kejadian Gedung LBH, Mencekam dan Teriakan ‘Ganyang, Bunuh’

Ketua Bidang Advokasi YLBHI, Muhammad Isnur menyebut suasana kantornya mencekam saat terjadi pengepungan massa. Massa meneriakkan ancaman membuat sejumlah orang dalam gedung merasa panik.

“Suasana sangat mencekam karena teriakan-teriakan ancaman itu sangat mengerikan, bahasanya sudah ‘ganyang, bunuh, halal darah’. Kami juga khawatir polisi tidak sanggup menangani karena mereka berupaya melompat-lompat pagar, batu masuk ke dalam, botol-botol masuk ke dalam, ada beberapa kaca gedung yang pecah,” cerita Isnur saat dihubungi, Senin (18/9).

Saat kejadian, Isnur berada di luar gedung dan menyaksikan langsung kemarahan massa kepada teman-temannya yang berada di dalam gedung LBH Jakarta.

“Sangat chaos, jadi memang massa terlihat brutal, terlihat emosional, tidak bisa terkendali dan tidak mendengarkan kepolisian, sebagian juga melawan (polisi),” katanya.

Meski berada di luar gedung, Isnur tetap berkoordinasi dengan rekannya yang berada di dalam. Teman-temannya banyak yang mengalami stres dan ketakutan, bahkan ada yang pingsan.

“Mereka berkoordinasi dengan kami, melaporkan kepada kami, rata-rata mengalami stres dan ketakutan. Sempat ada yang pingsan, ada yang kepalanya sakit, kelelahan semuanya, ketakutan pada tidak tahu berbuat apa. Karena yang di dalam itu khawatir sekali pagar itu akan jebol,” paparnya.

“Dapat laporan ada yang terluka, kami belum dapat datanya, yang jelas saya sih melihat banyak polisi juga terluka,” katanya.

“Kalau saya melihatnya ada yang menggerakkan, kami mendapat bukti memang ada yang memfitnah, menggerakan, ada yang menginstruksikan. Massa termakan berita bohong, propaganda yang menyesatkan sehingga berdatangan, ketika di lokasi polisi menjelaskan tidak ada, mereka melihat mengawasi tidak ada yang mereka maksud (terkait komunis). Ada sebagian yang pulang namun ada pula yang melawan (polisi),” tutur Isnur.

 

http://www.jitunews.com/read/66248/cerita-saksi-kejadian-gedung-lbh-mencekam-dan-teriakan-ganyang-bunuh

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments