Ciri-ciri Bakso yang Mengandung Babi

0
109

Terkadang ada oknum pedagang yang menjadikan daging babi untuk campuran pada bakso yang diklaim sebagai bakso daging sapi.

Untuk mengetahui kandungan bakso apakah mengandung babi memang diperlukan peralatan kimia untuk menganalisanya. Namun, secara visual kita masih bisa membedakannya.

Warna bakso

 

Daging babi termasuk dalam kelompok daging white meat karena berwarna pucat atau keabu-abuan, sedangkan daging sapi termasuk red meat dengan warna daging pada umumnya berwarna merah gelap. Dengan kasat mata dapat dilihat bakso yang sudah dimasak yang menggunakan daging akan berwarna lebih putih/terang dibanding dengan bakso yang terbuat dari daging sapi.

Akan tetapi ada satu diantara daging babi yang memiliki warna serupa dengan daging sapi yakni daging babi hutan.

Tekstur bakso

Daging babi biasanya lebih berminyak karena banyaknya kandungan lemak yang ada dalam daging, jadi secara kasat mata dapat dilihat jika bakso itu kita ambil dari kuah serta coba di iris dan raba sisi tengah bakso dengan tangan, bila sisi tengahnya terasa berminyak berarti ada campuran daging babi pada bakso itu sedangkan bakso sapi bagian dalamnya waktu dibelah serta diraba lebih kesat.

Aroma bakso

Kadar lemak yang tinggi pada daging babi, umumnya aroma yang tercium akan lebih tajam dibandingkan ddengan daging sapi. Pada bakso yang menggunakan daging babi, aroma yang tercium akan lebih amis meskipun telah ditutupi oleh berbagai jenis rempah-rempah tetap akan tercium bau amisnya.

Sumber : Ciri-ciri Bakso yang Mengandung Babi
Ciri-ciri Bakso yang Mengandung Babi
Jitunews

Comments

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here