Friday, September 24, 2021
Home Nasional Dana untuk SEA Games Tembus 100 Miliar, Ini Penjelasan Menpora

Dana untuk SEA Games Tembus 100 Miliar, Ini Penjelasan Menpora

Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Puan Maharani, memimpin Rapat Koordinasi (Rakor) Tingkat Menteri dalam persiapan SEA Games dan ASEAN Para Games 2017 pada hari Jumat, tanggal 14 Juli 2017.

Sesuai sasaran bidang Keolahragaan dalam Rancangan Kerja Pemerintah (RKP) Tahun 2017, Menko PMK berharap capaian target dalam SEA Games 2017 bisa lebih baik daripada SEA Games tahun sebelumnya.

Usai rapat yang berlangsung tertutup, Menteri Pemuda dan Olah Raga (Menpora), Imam Nachrowi menjelaskan soal pengajuan dana tambahan sebesar Rp 25 miliar dalam usulan Rencana Anggaran Pendapatan Belanja Negara Perubahan (RAPBN-P) tahun ini.

Dana Rp 25 miliar tersebut, menurut Imam, juga termasuk ke dalam total usulan RAPBN-P Kemenpora tahun 2017 yang berjumlah Rp 1,9 triliun. Usulan pengajuan anggaran ini masih dibahas bersama Komisi X DPR RI. Jadi total dana yang diperuntukkan khusus bagi SEA Games 2017 sekitar Rp 100 miliar lebih.

“Kita minta tambahan ke Komisi X yang nanti akan dimintakan ke banggar kurang lebih Rp 6 miliar untuk kebutuhan Chief de Mission (CDM). Dan, ada tambahan lagi 25 sampai 26 miliar untuk bonus. Yang ini akan diperjuangkan oleh Komisi X di banggar,” kata Imam kepada Jitunews.com, di Kantor Kemenko PMK, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Jumat (14/7) siang.

“Untuk SEA Games ini dananya sekitar 35 miliar rupiah tapi angka pastinya saya sedikit lupa ya yang existing. Tambah lagi dari Satlak Prima khusus keberangkatan, lima miliar. Kemudian untuk bonus sekitar 60 miliar. Itu sudah hampir 100 miliar rupiah lebih,” papar Imam.

“Itu di luar uang saku, biaya try out kemudian honor bulanan yang sudah dikeluarkan sebelum berangkat SEA Games,” katanya lagi.

Dana di atas, kata Imam, dianggarkan bagi para atlet berprestasi di SEA Games 2017 nanti. “Pengajuan ini adalah bentuk dukungan dan apresiasi bagi mereka yang berjuang di SEA Games maupun ASEAN Para Games. Dana ini juga disiapkan jika ada peningkatan perolehan medali dari para atlet kita di Malaysia nanti,” sambungnya.

Diberitakan Jitunews.com sebelumnya, SEA Games 2017 akan diselenggarakan pada 19 s.d. 30 Agustus 2017. Sementara itu, ASEAN Para Games dilaksanakan pada 17 s.d. 23 September 2017.

SEA Games 2017 kali ini akan mempertandingkan 38 cabang olah raga dengan 405 nomor pertandingan. Sementara itu, medali yang diperebutkan berjumlah 1.339 yang terdiri atas 405 medali emas, 405 perak dan 529 perunggu.

Sementara itu, untuk ASEAN Para Games, akan dipertandingkan 16 cabang olah raga dengan 479 nomor pertandingan.

Rapat bersama Menko PMK, Puan Maharani, membahas SEA Games 2017 dimulai sekitar pukul 10.00 WIB. Turut hadir dalam rapat yang berlangsung tertutup tersebut, Ketua Olimpiade Indonesia (KOI), Erick Tohir; Anggota Komisi III DPR RI merangkap Ketua Chef de Mission (CDM) kontingen Indonesia, Aziz Syamsuddin; dan Duta Besar Mal­aysia untuk Indonesia, TYT Dato’ Seri Zahrain Mohamed Hashim.

 

 

Sumber : Dana untuk SEA Games Tembus 100 Miliar, Ini Penjelasan Menpora

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments