Friday, September 24, 2021
Home DIMENSI Demo Anarkis Warnai Pelaksanaan KTT G20 di Hamburg

Demo Anarkis Warnai Pelaksanaan KTT G20 di Hamburg

 Ditengah gelaran Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 yang diadakan di Hamburg, Jerman, aksi demosntrasi terjadi secara besar-besaran di wilayah tersebut. Bahkan para pendemo sempat ricuh dengan membakar sejumlah mobil di jalanan.

Dilansir dari express.co.uk, ada 76 petugas kepolisian setempat yang terluka pasca bentrokan yang terjadi di sepanjang jalan kota Hamburg. Demontran yang berpakaian serba hitam itu melemparkan sejumlah botol dan bom asap yang menyebabkan kebakaran hebat.

Pihak keamanan setempat sempat menembakkan gas air mata guna meredam kericuhan. Sementara itu, aksi demo terjadi lantaran menolak kedatangan Presiden Amerika Serikat, Donald Trump dan sejumlah pejabat tinggi negara lain dalam KTT G20.

Para pendemo membuat slogan ‘Selamat Datang di Neraka’ yang ditujukan untuk Trump dan sejumlah petinggi negara lainnya.

Setidaknya ada 13.000 ribu orang dalam aksi demonstrasi pada hari kamis waktu setempat yang tergabung dalam demonstrasi utama, termasuk 1.000 orang berpakaian serba hitam. Diketahui bahwa protes yang terjadi untuk menolak penyelenggaraan KTT G20 terjadi setiap tahun lantaran anti-kapitalis.

Koordinator aksi, Andreas Blechschmidt mengatakan bahwa kebijakan dalam KTT G20 bertanggung jawab atas kondisi seperti kelaparan, perang, dan bencana iklim yang ada di seluruh wilayah negara yang tergabung dalam organisasi tersebut.

“Pesan yang agresif tapi juga dimaksudkan untuk melambangkan bahwa kebijakan G20 diseluruh dunia bertanggung jawab atas kondisi neraka seperti kelaparan, perang dan bencana iklim,” jelasnya.

Penulis : Ratna Wilandari

 

Sumber : Demo Anarkis Warnai Pelaksanaan KTT G20 di Hamburg
Demo Anarkis Warnai Pelaksanaan KTT G20 di Hamburg
Jitunews

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments