Wednesday, October 27, 2021
Home Politik Demokrat prediksi ada tiga calon dalam Pilpres 2019

Demokrat prediksi ada tiga calon dalam Pilpres 2019

Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Demokrat Agus Hermanto memprediksi ada tiga calon yang akan maju dalam Pemilu Presiden (Pilpres) 2019. Sebab, kata dia, jika lebih dari tiga calon tidak akan memenuhi aturan di Undang-Undang (UU) Pemilu terkait ambang batas pencalonan Presiden yang mengharuskan 20 persen kursi di DPR atau 25 persen suara sah nasional

“Tapi kami yakini kelihatannya kalau menurut hitung-hitungan saya paling banyak sih tiga orang. Karena kalau sudah empat orang nanti enggak mencukupi 20 persen dari kursi DPR,” kata Agus di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Kamis (1/2).

Demokrat, kata Agus, tetap menginginkan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dapat maju di Pilpres 2019. Baik sebagai calon Presiden maupun Wakil Presiden.

“Proyeksinya seperti ini kita dari partai Demokrat di dalam pertemuan-pertemuan kita di dalam koordinasi kita, kita tentunya mempunyai juga keinginan AHY ini menjadi next leader di dalam presiden ataupun Wakil Presiden,” ujarnya.

AHY juga sudah melakukan sosialisasi ke masyarakat. Sebab, klaim dia, saat ini masyarakat Indonesia menginginkan sosok pemimpin muda.

“Jadi dipimpin oleh kawula muda tentunya kawula muda yang di sini mempunyai kecerdasan yang tinggi yang juga mempunyai kemampuan yang tinggi tidak salah juga mempunyai elektabilitas yang tinggi,” ucapnya.

Terkait koalisi, partai besutan Presiden keenam Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) belum bisa menentukan pilihan. Peluang koalisi, kata Wakil Ketua DPR ini, juga masih sangat cair mengingat Pilpres akan dilaksanakan pada 2019 mendatang.

“Semuanya kita tentunya open (terbuka) dengan partai mana saja karena sekarang ini koalisinya masih cair,” ujarnya. [rzk]

 

Sumber : https://www.merdeka.com/politik/demokrat-prediksi-ada-tiga-calon-dalam-pilpres-2019.html

Most Popular

Recent Comments