Monday, August 2, 2021
Home Nasional Densus 88 Disebut Tak Setuju Soal Definisi Terorisme, PPP: Tidak Sepakat Penempatan...

Densus 88 Disebut Tak Setuju Soal Definisi Terorisme, PPP: Tidak Sepakat Penempatan Saja

Arsul Sani, Anggota Pansus RUU Terorisme dari Fraksi PPP membantah Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror Polri belum setuju dengan frasa motif politik dan ideologi dalam definisi terorisme.

Menurutnya, Densus hanya belum sepakat soal penempatan definisi terorisme di dalam struktur Undang-Undang Nomor 15 tahun 2003 tentang Pemberantasan Tindak Terorisme tersebut.

“Densus bukan tidak setuju ada frasa motif politik, ideologi, atau keamanan negara. Cuma mereka minta tempatnya tidak di batang tubuh (undang-undang),” ujar Arsul di Gedung DPR, Jakarta, Selasa (22/5).

Menurutnya, Densus mengharapkan definisi terorisme ditempatkan di dalam penjelasan umum. Sementara pihak yang lain meminta definisi ditempatkan di dalam batang tubuh UU.

Arsul menuturkan tidak adanya perbedaan pandangan soal definisi terorisme sudah terbantahkan lewat usulan resmi perihal definisi yang diajukan oleh semua pihak terkait. Dalam usulannya, DPR hingga pemerintah sepakat seluruh motif di dalam definisi terorisme.

Belum adanya kesepakatan Densus soal penempatan definisi lantaran terkait dengan implementasi ke depan. Ia berkata Densus khawatir dibatasi ruang geraknya dalam menanggulangi terorisme jika definisi terorisme dibuat menjadi pasal khusus.

Arsul menjelaskan definisi maupun penempatannya merupakan hal krusial. Hal itu nantinya akan memperjelas apakah setiap tindakan terorisme masuk ke dalam pelanggaran UU Terorisme atau hanya KUHP. Dua aturan itu memiliki fungsi yang berbeda.

“Ini yang besok tentu harus kami diskusikan kembali. Apakah kita mau tempatkan di penjelasan umum dengan narasi cukup panjang atau batang tubuh,” ujarnya.

Di sisi lain, Arsul mengaku paripurna pengesahan RUU Terorisme belum pasti terlaksana pekan ini. Sebab ia menyebut masih ada pembahasan di tingkat Panja dan Pansus.

Sumber : Densus 88 Disebut Tak Setuju Soal Definisi Terorisme, PPP: Tidak Sepakat Penempatan Saja
Densus 88 Disebut Tak Setuju Soal Definisi Terorisme, PPP: Tidak Sepakat Penempatan Saja
Jitunews

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments