Saturday, May 28, 2022
Home Jitu News Di depan SBY, Basaria Sebut Publik Tak Lagi Percaya Parpol

Di depan SBY, Basaria Sebut Publik Tak Lagi Percaya Parpol

Partai politik, Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) adalah tiga institusi teratas yang paling tidak dipercaya oleh masyarakat. Hal itu disampaikan oleh Wakil Ketua KPK, Basaria Panjaitan.

“Bukan kata saya, ini adalah hasil survei Indikator Politik Indonesia 2016 kemudian DPR dan DPRD berada dalam 3 besar lembaga yang dipersepsikan korup,” ucap Basaria di kantor DPP Demokrat, Proklamasi, Jakarta Pusat, Rabu, 13 September 2017.

Atas hal tersebut, Basaria merasa penting agar terjadi sebuah pembenahan paripurna di tubuh partai politik. Dalam catatan Basaria, setidaknya ada empat fokus yang harus dilakukan dalam membenahi partai politik.

“Pertama soal kode etik kader dan partai politik, kedua rekrutmen dan kaderisasi, ketiga soal pendanaan serta masalah transparansi dan akuntabilitas sumber dana partai itu sendiri. Ini kira-kira permasalahan yang ditemukan oleh KPK,” jelas Basaria.

Dalam prakatanya di depan Susilo Bambang Yudhoyono selaku ketua umum Partai Demokrat dan juga belasan pasang mata petinggi Partai demokrat lainnya, Basaria menerangkan bahwa kondisi publik hari ini tidak lagi mempercayai partai politik.

“Berbagai kasus korupsi politik mendapatkan atensi besar dan sekaligus menurunkan kepercayaan masyarakat, itu yang saya katakan ini salah satu penyebabnya kenapa masyarakat kurang percaya kepada partai politik,” ungkapnya.

Selain SBY yang didampingi Hinca Panjaitan di depan forum, sejumlah politisi senior Demokrat lainnya ikut hadir seperti Amir Syamsuddin, Roy Suryo, Pramono Edhi Prabowo termasuk pula ikut hadir Edhie Baskoro Yudhoyono.

 

 

 

 

 

Sumber : Di depan SBY, Basaria Sebut Publik Tak Lagi Percaya Parpol
Di depan SBY, Basaria Sebut Publik Tak Lagi Percaya Parpol
Jitunews

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments