Thursday, December 9, 2021
Home Dunia Di negara ini tiap hari manusia tewas diserang gajah atau harimau

Di negara ini tiap hari manusia tewas diserang gajah atau harimau

Semakin menyempitnya habitat satwa di India menyebabkan hewan-hewan liar melakukan serangan terhadap manusia. Bahkan setiap harinya, seekor gajah atau harimau membunuh satu manusia karena merasa terancam.

Berdasarkan laporan dari Kementerian Lingkungan Hidup India, 1.144 orang telah tewas antara April 2014 hingga tahun ini karena diserang binatang buas. Dalam kurun waktu sama, 345 ekor harimau dan 84 gajah juga tewas karena terlibat pergumulan dengan manusia.

Kebanyakan hewan-hewan itu mati oleh para pemburu yang mengincar bagian tubuh tertentu seperti gading pada gajah.

“Perambahan manusia ke wilayah hewan menyebabkan kematian itu. Oleh karena itu, kami ingin menggalang kampanye kesadaran agar bisa meminimalkan korban,” kata Direktur Jenderal Kehutanan, Siddhanta Das, seperti dilansir dari laman Telegraph, Selasa (1/8).

Perang antara manusia dan hewan masih terus terjadi hingga sekarang. Tahun lalu, kawanan gajah liar yang mengamuk melakukan penyerangan berjam-jam hingga menyebabkan lima orang tewas serta kendaraan dan rumah ikut hancur di Bengal Barat.

Ketegangan serupa juga meningkat di beberapa tempat di seluruh negara. Juni lalu, gajah ngamuk di Negara Bagian Tamil Nadu Selatan menginjak-injak empat orang hingga tewas di mana salah satunya termasuk bocah 12 tahun.

Ada juga kasus gajah menyerang manusia saat sedang mengendarai sepeda motor.

Seperti diketahui, India merupakan rumah bagi 30.000 gajah dan 2.226 harimau liar. Keduanya merupakan spesies yang terancam punah di India sementara habitat mereka terus tergerus oleh berbagai pembangunan yang dilakukan manusia. [pan]

 

Sumber : https://www.merdeka.com/dunia/di-negara-ini-tiap-hari-manusia-tewas-diserang-gajah-atau-harimau.html

Most Popular

Recent Comments