Monday, August 2, 2021
Home Nasional Dianggap Bela Koruptor, Perludem Tampar Jokowi!

Dianggap Bela Koruptor, Perludem Tampar Jokowi!

Sikap Jokowi yang seolah membela mantan napi koruptor serta gelagatnya yang ingin mengintervensi keputusan KPU dianggap ‘blunder’ oleh banyak pihak.

Salah satu yang menyayangkan langkah tersebut adalah Perkumpulan Pemilu untuk Demokrasi (Perludem).

Menurut Perludem, langkah tegas KPU yang jelas-jelas mendukung Indonesia bersih dari korupsi harusnya didukung bukannya dikritisi.

“Tentu kami menyayangkan pandangan Presiden yang seperti itu. Mestinya Presiden membiarkan saja KPU melaksanakan kewenangannya dengan mandiri,” tegas Direktur Eksekutif Perludem, Titi Anggraeni seperti dilansir merdeka.com (30/5).

Selain itu, pernyataan Jokowi tentang cara-cara yang harusnya dilakukan KPU dalam memperlakukan napi koruptor bakal mengurangi independensi lembaga tersebut.

“KPU secara kelembagaan harus tetap menjaga dan mempertahankan kemandirian institusi agar memperkuat kepercayaan publik atas proses pemilu yang berjalan,” ujarnya.

Meski dikritik oleh presiden dan DPR, Perludem yakin KPU akan mempertahankan keputusan tersebut. Karena menurutnya, sikap tegas KPU akan meningkatkan kepercayaan publik yang sempat merosot terhadap lembaga independen tersebut.

“Saya kira KPU tetap konsisten dan mengatur sesuai dengan keyakinan yang mereka miliki. Justru di sinilah kemandirian KPU diuji. Apakah akan konsisten atau goyah,” pungkasnya.

Sumber : Dianggap Bela Koruptor, Perludem Tampar Jokowi!
Dianggap Bela Koruptor, Perludem Tampar Jokowi!
Jitunews

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments