Dianggap Biang Banjir, AEON Mall Cakung Di Demo Warga

0
37

Harmonimedia — Sejumlah warga cakung, menggeruduk AEON Mall Jakarta Garden City, Cakung, karena dianggap sebagai sumber banjir di sekitar cakung dan cilincing. Beberapa warga tampak membawa bambu dan batu. Demo warga Cakung, Jakarta Timur, pada Selasa (25/2), yang di arahkan ke pengelola Kompleks Jakarta Garden City (JGC) akhirnya berujung ricuh. Warga mengamuk dan merusak sejumlah kaca kantor pengelola JGC.

Hal tersebut juga di benarkan Kanit Reskrim AKP Tom Sirait, Polsek Cakung.

“Ya, warga pada demo dan turun ke jalan,” ujar AKP Tom Sirait.

Selanjutnya disebutkan, mereka sempat berbicara dengan satpam setempat dan anggota kepolisian. Namun belakangan, percakapan yang awalnya bertujuan mencari kata mufakat, akhirnya berujung kericuhan. Sejumlah wargapun merusak kaca jendela dan bagian depan kantor. Warga juga mendatangi AEON Mall JGC sebagai bentuk protes.

Belum jelas apa penyebab utama warga menggeruduk kompleks JGC, namun diduga, warga menuntut pengelola JGC yang dianggap menjadi penyebab rumah mereka banjir, untuk bertanggung jawab.

Dari informasi yang di himpun tim harmonimedia.com, warga menganggap tanggul yang membatasi permukiman warga Kampung Tambun Rengas Kelurahan Cakung Timur, Jakarta Timur, dengan kompleks JGC, adalah penyebab banjir. Wargapun terlihat  memadati jalan di Kompleks JGC. Dan pasukan gabungan TNI dan Polri sebanyak 1 SST telah berada di lokasi.

“Saya sedang halau massa, juga mencoba memediasi dan menenangkan massa,” kata Wakapolres Jakarta Timur AKBP Stefanus Michael Tamuntuan, yang juga berada di lokasi tersebut.

“Masyarakat juga protes kepada pengembang karena lokasi rumah mereka banjir akibat air yang meluap dari proyek,” tambahnya.

Demo warga berlangsung hingga sore dalam pengawasan tim kepolisian, satuan Brimob dan pengamanan setempat lainnya. Polisi kini tengah memediasi warga yang ricuh dengan pengembang. Meski demikian, Stefanus tak menyebut proyek mana di JGC yang diprotes warga.

(idj/idj) / Foto : warga