Sunday, October 24, 2021
Home Nasional Dilaporkan ACTA Atas Dugaan Politik Uang, Begini Penjelasan Giring Nidji

Dilaporkan ACTA Atas Dugaan Politik Uang, Begini Penjelasan Giring Nidji

Vokalis band Nidji, Giring Ganesha dan sejumlah tim pendukung Basuki-Djarot dilaporkan oleh Advokat Cinta Tanah Air (ACTA) ke Bawaslu lantaran diduga melakukan politik uang. Dugaan tersebut mencuat setelah Giring, ibunya, dan barisan pendukung Ahok-Djarot mengadakan bakti sosial di Jalan Kebon Pala, Jatinegara, Jakarta Timur, Jumat (10/3) pekan lalu.

Koordinator Divisi Hukum dan Penindakan Pelanggaran Bawaslu DKI Jakarta, Muhammad Jufri, mengatakan, Giring beserta dua orang warga dilaporkan membagi-bagikan sembako kepada warga. Saat itu, Giring dan dua orang warga itu memakai pakaian kemeja kotak-kotak khas pasangan calon nomor 2, Basuki Tjahaja Purnama-Djarot Saiful Hidayat.

“Yang dilaporkan itu dugaan politik uang, pembagian sembako di Kampung Melayu. Salah satu yang dilaporkan saudara Giring,” ungkap Jufri saat dikonfirmasi, Selasa (14/3).

 

Terkait pelaporan atas dirinya, pelantun tembang ‘Hapus Aku’ itu pun angkat suara. Kepada media, Giring menyatakan bahwa dugaan politik uang itu tidak lah benar.

“Ya enggak mungkin lah, saya enggak ngeluarin sepeser pun cuma buat naik taksi doang. Saya bukan tipe-tipe orang yang kayak gitulah, itu cuma nemenin ibu saya aja,” beber Giring, saat dihubungi wartawan melalui sambungan telepon, Selasa (14/3)

Ia menjelaskan, pembagian sembako memang dilakukan tapi tidak beserta uang. Niatnya juga tidak untuk mendukung salah satu paslon.

“Ya, enggak lah (tidak mendukung paslon). Saya kalau memberi, saya berusaha tangan kiri saya enggak tahu,” tukasnya.

Lebih jauh, ia pun mengatakan bahwa kasus ini telah selesai. Dan, dugaan politik uang itu hanya sebuah kesalahpahaman semata.

“Ya, baik semuanya baik, mereka juga bingung ‘Oh ini ternyata cuma baksos aja’,” pungkas Giring.

Sebelumnya, dugaan pelanggaran tersebut dilaporkan ACTA ke Bawaslu DKI pada Sabtu (11/3). Bukti pelaporan yang disertakan berupa foto dan rekaman video.

Wakil Ketua ACTA bagian organisasi Munathsir Mustman, menjelaskan, dugaan politik uang yang dilakukan Giring.

“Pada saat itu kan ada pembagian sembako juga, ada beberapa paket, dan paketan sembako ini sudah kita serahkan juga ke Bawaslu,” tutur Munathsir, Selasa (14/3).

Selain itu, menurut Munathsir, ditemukan juga buku kecil dan brosuk dalam sembako tersebut, yang pada intinya berisi anjuran bahwa tidak ada larangan bagi umat Islam untuk memilih pemimpin non-muslim tersebut tercium oleh Tim Reaksi Cepat (TRC).

@jitunews http://www.jitunews.com/read/54907/dilaporkan-acta-atas-dugaan-politik-uang-begini-penjelasan-giring-nidji#ixzz4bNtPvolP

Most Popular

Recent Comments