Friday, September 24, 2021
Home Nasional Dinkes DKI Sebut Tidak Ada Kesalahan Medis di RS MItra Keluarga

Dinkes DKI Sebut Tidak Ada Kesalahan Medis di RS MItra Keluarga

Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta, Koesmedi Priharto menyebut tidak ada kesalahan secara medis terkait kematian Debora di RS Mitra Keluarga Kalideres. Menurutnya, kondisi Debora sudah biru dan pernapasannya terganjal, atau disebutnya sianosis.

“Kami tidak mau ini terjadi lagi di DKI. kalau cuma sekadar sanksi saja selesai, tapi kalau untuk memperbaiki semua sistem kan harus kita perbaiki. Tidak ada kesalahan secara medisnya. Memang keadaan datang (Debora) sudah biru, sudah pernapasannya terganjal. Jadi dia sendiri sudah sianosis kalau bahasa kita,” ujar Koesmadi di kantor Dinas Kesehatan, Senin (11/9).

Koesmadi menyampaikan rumah sakit tidak melakukan kesalahan saat menjalankan prosedur medis. Dikatakan, Debora sudah diberi fasilitas ruang di Instalasi Gawat Darurat (IGD), yaitu ruang resusitasi, yang hampir sama dengan ruang gawat Pediatric Intensive Care Unit (PICU).

“Cuma yang ada miss itu pada komunikasi tadi tidak dari awal bahwa itu adalah pasien BPJS. tadi kan saya bilang rumah sakit harus memperbaiki sistem, tapi kan prosedur emergency tetap dilakukan, ini timbul setelah pasien diperkirakan akan ke ruang PICU. Kemudian diberi tahu bahwa keperawatan di ruang PICU membutuhkan biaya seperti itu,” jelasnya.

Pihak rumah sakit akan mengembalikan uang milik orangtua Debora, karena pembayaran sudah ditanggung oleh BPJS Kesehatan.

“Kalau pengembalian itu bukan karena rumah sakit. Kemudian perhatian kepada pasien, tetapi prosedur pembayaran karena dia adalah BPJS, memang ditanggung BPJS. Jadi uangnya ya dikembalikan kepada keluarganya,” kata Koesmadi.

Sumber : Dinkes DKI Sebut Tidak Ada Kesalahan Medis di RS MItra Keluarga
Dinkes DKI Sebut Tidak Ada Kesalahan Medis di RS MItra Keluarga
Jitunews

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments