Tuesday, October 26, 2021
Home Nasional Dirjen Hortikultura Kementan Tinjau Langsung Kondisi Cabai di Lapangan

Dirjen Hortikultura Kementan Tinjau Langsung Kondisi Cabai di Lapangan

Dirjen Hortikultura Kementerian Pertanian Spudnik Sujono, mengatakan bahwa pada saat ini para petani sedang melakukan panen cabai besar-besaran di beberapa tempat di Indonesia.

Untuk memastikan ketersediaan pasokan di sentra tanaman cabai serta menjaga harga di tingkat petani, Spudnik memutuskan untuk meninjau langsung kondisi cabai di lapangan. Dalam kunjungan kerjanya di Kediri, Jawa Timur, Rabu (22/3/2017), Spudnik memantau langsung hamparan cabai milik petani yang siap untuk dipanen.

“Hamparan cabai ini seluas 2.000 hektare, dan sudah siap untuk di panen. Ini akan menjadi stok cabai kita dan penopang ketersediaan cabai dalam skala nasional,” katanya di sela kunjungannya, Rabu (22/3).

 

Ia mengatakan bahwa dari hamparan 2.000 hektare lahan cabai yang ditinjau, pada saat ini total produksi sudah mencapai 40 hingga 50 ton.

“Untuk total produksinya dalam sehari bisa mencapai 40-50 ton,” demikian katanya.

Ia menjelaskan bahwa produksi cabai dari daerah sentra tanaman cabai tersebut menjadi pasokan utama bagi pasar induk Kramat Jati di Jakarta dan juga pasar Pare di Bali.

Hamparan cabai di atas lahan 2.000 hektare tersebut, tersebar di berbagai kecamatan yang lokasinya berdekatan dalam lingkup kabupaten Kediri, diantaranya Kecamatan Kepung, Kampung Baru Kebonrejo seluas 750 hektare dan Kecamatan Puncu, Satak Manggis, Gadungan, Sukomoro, seluas 1.250 hektare.

Dirjen menegaskan bahwa dengan adanya kawasan cabai yang siap dan sedang dipanen tersebut, menujukkan bahwa ketersediaan stok cabai nasional masih cukup stabil dan kisaran harga cabai pasti akan terus stabil.

“Ini baru satu kawasan yang kita kunjungi, masih ada kawasan lain yang luas lahan dan potensi produksinya hampir sama dengan yang kita kunjungi saat ini dan sudah mulai panen,”demikian tukasnya.

@jitunews http://www.jitunews.com/read/55388/dirjen-hortikultura-kementan-tinjau-langsung-kondisi-cabai-di-lapangan#ixzz4c7bgA02m

Most Popular

Recent Comments