Wednesday, July 28, 2021
Home Nasional Ditargetkan Kumpulkan Zakat Rp 138 Juta, Lurah Cilandak Barat Bikin Strategi

Ditargetkan Kumpulkan Zakat Rp 138 Juta, Lurah Cilandak Barat Bikin Strategi

Lurah Cilandak Barat Jakarta Selatan, Agus Gunawan mengaku pihaknya ditarget untuk mengumpulkan zakat sebesar Rp 138 juta.

Agus mengatakan, permintaan zakat Rp 1 juta pada surat yang beredar itu tidak bersifat memaksa.

“Kita di kelurahan ini ada target Rp 138 juta dari Bazis wali kota. Setiap kelurahan punya target, ada yang di bawah seratus, ada yang di atas seratus tergantung karakteristik masyarakatnya masing-masing,” ujar Agus seperti dikutip dari Detikcom, pada Minggu (3/6).

Dengan target tersebut, ia berinisiatif untuk mengumpulkan zakat dari masyarakat dengan caranya. Agus mengatakan surat edaran itu hanya untuk memotivasi warganya untuk membayar zakat.

“Nah saya mengajak warga melalui Pak RT mengimbau warga partisipasi melalui Bazis DKI di RT masing-masing,” ujarnya.

Agus menegaskan permintaan zakat itu tidak bersifat memaksa. Ia juga melihat potensi dari warganya.

“Itu sifatnya imbauan, ajakan, bukan paksaan dan kami pun tahu potensi warga kami beda-beda. Kalau mampunya segitu ya segitu, kalau kurang dari segitu ya nggak apa-apa,” ujarnya.

Agus juga menjelaskan, jika zakat Rp 1 juta itu bukan untuk per orang, namun untuk masing-masing RT. Dengan mempertimbangkan jumlah RT yang ada, dengan menargetkan minimal Rp 1 juta maka bisa memenuhi target dari Bazis.

“Rp 1 juta per RT bukan per orang. Kalau ada warganya 100 KK kan cuma 10 ribu per orang, jadi bukan 1 orang Rp 1 juta,” katanya.

“Kalau direndah-rendahin kita kan harus pakai ukuran. Minimal Rp 1 juta itu untuk menggregetkan, motivasi, kalau dapatnya Rp 500 ribu juga kan nggak ada salahnya dan nggak ada sanksi karena kita juga tahu kemampuan warga,” paparnya.

Kelurahan Cilandak Barat memiliki 144 RT dengan jumlah KK per RT mencapai 40 hingga 150.

Agus mengatakan ketentuan zakat Rp 1 juta itu bukan perintah dari Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan. Pihaknya hanya membuat strategi.

“Bukan seruan gubernur, gubernur serukan mari beramal, kita hanya buat strategi dan sifatnya nggak ada tekanan dan paksaan.
Makanya surat saya kemarin selalu ada kealfaan selalu ada kata ‘mohon’, karena kita tidak memaksa,” tuturnya.

Sumber : Ditargetkan Kumpulkan Zakat Rp 138 Juta, Lurah Cilandak Barat Bikin Strategi
Ditargetkan Kumpulkan Zakat Rp 138 Juta, Lurah Cilandak Barat Bikin Strategi
Jitunews

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments