Sunday, August 1, 2021
Home ENERGI UMUM Ditjen EBTKE Sosialisasikan LTSHE di Provinsi Papua

Ditjen EBTKE Sosialisasikan LTSHE di Provinsi Papua

Dalam rangka mewujudkan energi berkeadilan di daerah tertinggal dan daerah terisolir, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) melalui Direktorat Jenderal Energi Baru, Terbarukan, dan Konservasi Energi (EBTKE) mengadakan sosialisasi program pemasangan Lampu Tenaga Surya Hemat Energi (LTSHE) dan verifikasi penerima LTSHE secara serentak di beberapa Kabupaten di Provinsi Papua pada hari Selasa – Kamis, 6 – 8 Juni 2017.

Adapun, penyediaan LTSHE ditujukan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat yang belum tersambung dengan jaringan tenaga listrik di kawasan perbatasan, daerah tertinggal, daerah terisolir, dan pulau-pulau terluar.

Direktur Perencanaan dan Pembangunan Infrastruktur EBTKE, Noor Arifin, menjelaskan bahwa penyediaan LTSHE ini seperti penerangan awal untuk anak-anak belajar maupun aktivitas warga di malam hari.

“Ini dikhususkan untuk daerah yang selama tiga sampai empat tahun ke depan belum tentu mendapatkan aliran listrik PLN. Ke depannya akan tetap terus dibangun yang lebih besar karena di Papua ini memiliki potensi PLTA yang besar untuk mendorong energi berkeadilan sesuai pesan Bapak menteri ESDM,” ujar Noor Arifin di Papua, Selasa (6/6).

Dalam kesempatan tersebut, Wakil Bupati Kabupaten Jayawijaya, Jhon R. Banua, menjelaskan bahwa Kabupaten Jayawijaya memiliki 40 Distrik (Kecamatan) yang terdiri dari 328 Desa, dimana 70% nya masih gelap gulita.

“Kita harus mendukung program pemerintah ini, karena ini adalah untuk kebutuhan kita sendiri. Jika ada yang minta ganti rugi (karena adanya program ini), maka akan dipindahkan ke daerah lain yang masih membutuhkan,” jelasnya.

Jhon juga meminta kepada semua pihak, baik kepala Distrik, Ketua Kampung dan Kepala Suku, untuk turut serta menjaga alat listrik LTSHE ini agar masyarakat tetap terus menikmati keberadaan listrik untuk daerahnya.

Sebagai pelaksanaan pasal 4 dan 5 dalam Peraturan Presiden Nomor 47 tahun 2017 tentang Penyediaan Lampu Tenaga Surya Hemat Energi Bagi Masyarakat yang Belum Mendapatkan Akses Listrik yang telah diperjelas dalam Peraturan Menteri ESDM Nomor 33 Tahun 2017 tentang Tata Cara Penyediaan Lampu Tenaga Surya Hemat Energi bagi Masyarakat yang belum mendapatkan Akses Listrik, Ditjen EBTKE melakukan perencanaan wilayah pendistribusian dan pemasangan LTSHE berkoordinasi dengan Pemerintah Daerah.

Sosialisasi program pemasangan Lampu Tenaga Surya Hemat Energi (LTSHE) dilaksanakan di 8 Kabupaten/Kota di Provinsi Papua, dimana 2 lokasi yaitu Pegunungan Bintang dan Intan Jaya telah dilakukan sosialisasi sebelumnya. Dalam pelaksanaannya dibagi menjadi empat tim sosialisasi, dimana setiap tim melaksanakan sosialisasi di dua Kabupaten yang berdekatan.

Sumber : Ditjen EBTKE Sosialisasikan LTSHE di Provinsi Papua
Ditjen EBTKE Sosialisasikan LTSHE di Provinsi Papua
Jitunews

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments