Saturday, October 16, 2021
Home Dunia Dituding Mendukung ISIS, 6 Negara Putuskan Hubungan Diplomatik dengan Qatar

Dituding Mendukung ISIS, 6 Negara Putuskan Hubungan Diplomatik dengan Qatar

Ada enam negara yang memutuskan hubungan diplomatik dengan Qatar, antara lain Yaman, Arab Saudi, Mesir, Bahrain, Libia, dan Uni Emirat Arab. Pemutusan hubungan tersebut dilakukan dengan alasan Qatar dituding melakukan langkah yang mengganggu keamanan kawasan Teluk.

Mereka menuding Qatar mendukung kelompok militan yang menamakan diri Negara Islam (ISIS) dan Al Qaida. Namun Qatar menyangkal tuduhan tersebut.

Kantor berita Saudi, SPA, menyebut Riyadh telah menutup perbatasannya dan memutuskan seluruh kontak darat, laut, dan udara dengan negara Qatar.

Pemutusan diplomatik dilakukan oleh Bahrain lalu Arab Saudi pada Senin (5/6) pagi.

Kantor berita SPA mengutip pejabat yang mengatakan bahwa keputusan tersebut diambil untuk melindungi keamanan nasional dari bahaya terorisme dan ekstremisme.

Dikutip dari kantor berita WAM, Abu Dhabi menuduh Qatar mendukung, mendanai, dan merangkul terorisme, ekstremisme, dan organisasi sektarian.

Meskipun Qatar bergabung dengan koalisi AS melawan ISIS, para pemimpin Syiah Irak menuding mereka memberikan dukungan finansial kepada ISIS. Orang-orang kaya di Qatar diyakini memberikan sumbangan yang jumlah besar kepada ISIS, sedangkan pemerintah Qatar memberi bantuan uang dan senjata kepada kelompok garis keras di Suriah.

Selain itu, Qatar juga dituding memiliki hubungan dengan kelompok Front al Nusra yang bekerja sama dengan Al Qaida.

Sumber : Dituding Mendukung ISIS, 6 Negara Putuskan Hubungan Diplomatik dengan Qatar
Dituding Mendukung ISIS, 6 Negara Putuskan Hubungan Diplomatik dengan Qatar
Jitunews

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments