Friday, September 24, 2021
Home Nasional Diwarnai Walk Out, Akhirnya Setya Novanto Sahkan UU Pemilu Paket A Minus...

Diwarnai Walk Out, Akhirnya Setya Novanto Sahkan UU Pemilu Paket A Minus 1

Fadli Zon menyerahkan palu sidang ke Setya Novanto, Fadli beserta pimpinan DPR yakni Taufik Kurniawan dan Agus Hermanto meninggalkan mimbar paripurna. Kemudian, Setya Novanto memimpin rapat paripurna RUU Pemilu, karena tersisa Setya Novanto dan Fahri Hamzah di mimbar paripurna.

Setelah Gerindra, PAN, Demokrat, dan PKS walk out, artinya hanya tersisa partai pendukung pemerintah dan Fahri Hamzah di ruang paripurna. Anggota yang tersisa hanya 6 Fraksi yakni PDIP, PKB, PPP, Golkar, NasDem, dan Hanura.

Partai yang mendukung pemerintah memilih opsi A yang salah satunya berisi presidential threshold 20 persen. Novanto kemudian mengesahkan RUU Pemilu dengan presidential threshold 20 persen.

Novanto menyatakan bahwa secara aklamasi, opsi A disahkan. Namun, Fahri menambahkan bahwa dia tetap setuju dengan opsi B, pada akhirnya yang benar adalah opsi A minus 1.

Secara etis harus minimal ada dua pimpinan. Saya memilih paket B tapi saya tidak WO,” ucap Fahri kemudian disambut tawa dari anggota.

“Dengan diputuskan hasil RUU Pemilu mengambil Paket A minus 1. Apakah dapat disetujui?” tanya Novanto.

“Setuju,” jawab anggota di paripurna.

Namun, rapat sempat dienturipsi oleh Mendagri Tjahjo Kumolo yang menyampaikan pandangan pemerintah dan anggota Fraksi PDIP, Aria Bima.

“Apakah RUU Pemilu dapat disahkan jadi UU?” tanya Novanto.

“Setuju!” jawab anggota di paripurna.

 

Sumber : Diwarnai Walk Out, Akhirnya Setya Novanto Sahkan UU Pemilu Paket A Minus 1

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments