Saturday, October 16, 2021
Home Jitu News Djarot Singgung PKK dan Dasawisma, Sandi: Makan Makanan Sehat

Djarot Singgung PKK dan Dasawisma, Sandi: Makan Makanan Sehat

Tema kesehatan masyarakat menjadi salah satu tema yang diperdebatkan dalam debat calon gubernur dan calon wakil gubernur DKI Jakarta di Hotel Bidakara, Jakarta, Rabu (12/4/2017) malam. Dua calon wakil Gubernur, Djarot Saiful Hidayat dan Sandiaga Uno saling lempar gagasan terkait tema itu.

Djarot merupakan calon wakil gubernur dari pasangan nomor urut dua yang berpasangan dengan Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok. Sedangkan Sandiaga Uno merupakan calon wakil gubernur dari pasangan nomor urut tiga yang berpasangan dengan Anies Baswedan.

Dalam pemaparannya, Djarot menegaskan, salah satu unsur yang akan diefektifkan perannya dalam menanggulangi persoalan kesehatan masyarakat di Jakarta adalah Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) dan Dasawisma.

 

Sebagaimana diketahui, program PKK dan Dasawisma merupakan program baku pemerintah yang biasanya dikoordinasikan oleh ibu-ibu.

“Yang nomor tiga yang kita lakukan adalah dengan mengefektifkan PKK dan Dasawisma, untuk memberikan penyuluhan penerangan kepada masyarakat2 yang rentan terhadap penyakit-penyakit menular,” papar Djarot.

Melalui kegiatan itu, kata Djarot, pemerintah dapat memiliki data yang valid tentang kondisi keluarga-keluarga yang mengidap penyakit tertentu.

“Kegiatan ini sudah kita lakukan dan sekarang kami mempunyai data yang valid tentang keluarga2-keluarga yang seperti itu. Dengan cara-cara seperti itu memudahkan kemi untuk melayani warga apabila terkena penyakit ataupun meningkatkan kualitas derajat kesehatan mereka. Ini kita lakukan terus menerus,” terang Djarot.

Pengefektifan peran PKK dan Dasawisma adalah salah satu dari empat program yang dipaparkan Djarot sebagai program unggulan pasangan Ahok-Djarot dalam memberantas persoalan kesehatan masyarakat Jakarta jika terpilih sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta nantinya.

Sementara itu, Calon Wakil Gubernur Sandiaga Uno menjelaskan, untuk menanggulangi persoalan kesehatan masyarakat, diperlukan kesadaran masyarakat untuk menerapkan gaya hidup sehat.

Menurut ‘Bang Sandi’, sapaan populer Sandiaga Uno, gaya hidup sehat dapat membantu masyarakat mengurangi beban biaya yang tidak sustainable.

“Karena kalau kita memiliki semangat gaya hidup sehat kita akan mampu mengurangi biaya-biaya yang sekarang tidak akan sustainable, tidak akan berkelanjutan karena kalau banyak sekali sakit yang diakibatkan oleh sakit jantung karena pola hidup, diabetes dan lain sebagainya, akan membahayakan pembiayaan universal health care bagi kita semua,” papar Sandi.

Dalam pemaparan sebelumnya, Sandi juga menyinggung pola hidup sehat dengan mengonsumsi makanan sehat serta pentingnya berolahraga. Kampanye dan aksi gaya hidup sehat Anies-Sandi kata Uno dikemas dalam program unggulan untuk kesehatan masyarakat “OK OCare” milik pasangan itu.

“Selain itu kita harus mulai belajar berolahraga yang rutin. Lari. Senam, ibu-ibu saya senam di berbagai tempat kalau kita bergaya hidup sehat insya allah biaya nanti kesehatan akan menurun,” ucap Sandi.

OK OCare merupakan program unggulan pasangan Anies-Sandi. Program itu merupakan salah satu turunan dari program OK-OC milik pasangan yang didukung PKS dan Gerindra itu.

Debat kandidat Gubernur dan Wakil Gubernur menuju Pilkada DKI Jakarta putaran kedua digelar di Hotel Bidakara Jakarta, Rabu (12/4/2017) malam. Tampil sebagai moderator debat, presenter senior Ira Koesno.

Debat resmi yang diselenggarakan KPUD DKI Jakarta itu dihadiri oleh dua pasangan calon gubernur dan calon wakil gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama- Djarot Saiful Hidayat dan Anies Baswedan- Sandiaga Uno. Hadir pula sejumlah perwakilan partai pengusung serta tim sukses masing-masing pasangan calon.

@jitunews http://jitunews.com/read/56779/djarot-singgung-pkk-dan-dasawisma-sandi-makan-makanan-sehat#ixzz4e6e3hiyf

Most Popular

Recent Comments