Wednesday, July 28, 2021
Home Jitu News Donald Trump Berulah; Masukkan RI dalam Daftar Negara Curang

Donald Trump Berulah; Masukkan RI dalam Daftar Negara Curang

Presiden Amerika Serikat, Donald Trump membuat pernyataan yang memicu ketersinggungan orang Indonesia. Di mana Trump memerintahkan stafnya untuk mengumumkan negara-negara yang bertanggung jawab atas defisit perdagangan Amerika Serikat, yang mencapai US$ 50 miliar. Negara-negara yang masuk daftar itu disebut Trump sebagai negara yang curang terhadap perdagangan Amerika Serikat.

Dalam daftar yang disebutkan, salah satunya adalah Indonesia. Seperti dilansir dari ChannelnewsAsia, bahwa Trump akan mengeluarkan dua perintah kepada menterinya untuk mencari akar masalah penyebab defisit neraca perdagangan Amerika Serikat.

Sekretaris Perdagangan AS, Wilbur Ross mengatakan, salah satu perintah Trump berupa analisa negara per negara dan produk per produk. Hasilnya akan dilaporkan pada Trump dalam 90 hari.

 

Mereka akan melihat bukti kecurangan, perilaku tak pantas, kesepakatan dagang yang tidak sesuai dengan janji, kurangnya penegakan hukum, persoalan mata uang dan kendala dengan Organisasi Perdagangan Dunia.

Permintaan Trump ini sebelum ia bertemu dengan Presiden China, Xi Jinping, sekaligus menjadi peringatan dini atas Beijing.

”Perlu disebutkan bahwa sumber defisit terbesar adalah China,” kata Ross.

Selain China, ada belasan negara lain yang dinilai menjadi penyebab defisit perdagangan AS, yaitu Kanada, Prancis, Jerman, India, Indonesia, Irlandia, Italia, Jepang, Malaysia, Meksiko, Korea Selatan, Swiss, Taiwan, Thailand dan Vietnam. Walau begitu, Ross menjelaskan bahwa Amerika Serikat tidak serta merta akan melakukan aksi balasan.

Secara diplomatis juga Ross menimpali sikap Trump yang tak sedap itu. ”Sulit mengatakan, bahwa seseorang disebut lebih jahat jika mereka memproduksi barang yang kita tak bisa produksi,” ucap Ross, memaklumi.

”Pada sejumlah kasus, ada negara yang lebih baik dan lebih murah dalam memproduksi sesuatu daripada kita. Jadi, bukan berarti yang di dalam daftar tersebut jahat atau curang,” tambah Ross.

@jitunews http://jitunews.com/read/56397/donald-trump-berulah-masukkan-ri-dalam-daftar-negara-curang#ixzz4dXP7h8W1

Most Popular

Recent Comments