Saturday, September 25, 2021
Home Dunia Donald Trump undang Mahmoud Abbas berkunjung ke Gedung Putih

Donald Trump undang Mahmoud Abbas berkunjung ke Gedung Putih

Setelah bertemu dengan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu, Presiden Amerika Serikat Donald Trump kini mengundang Presiden Palestina Mahmoud Abbas ke Gedung Putih. Undangan itu disampaikan oleh pengusaha properti asal New York tersebut melalui hubungan telepon kenegaraan.

Dilansir the New York Post, Sabtu (11/3), komunikasi pertama itu berlangsung untuk pertama kalinya sejak Trump menduduki jabatannya pada 20 Januari lalu. Pembicaraan berlangsung selama 30 menit dan sangat hangat.

Abbas, sejak Trump terpilih sebagai presiden terus berjuang untuk berbicara langsung dengan Trump dan menteri luar negeri AS. Dia merasa khawatir terhadap kebijakan baru pemerintahan sang milioner tersebut usai menduduki jabatannya.

“Presiden Trump telah mengundang secara resmi Presiden Abbas untuk berkunjung ke Gedung Putih dalam waktu dekat untuk membahas kelanjutan proses politik, serta menekankan komitmennya atas proses perdamaian yang akan menjadi perdamaian nyata antara warga Palestina dan Israel,” kata juru bicara Abbas Nabil Abu Rdainah.

Sementara juru bicara Gedung Putih Sean Spencer di Washington membenarkan undangan itu.

Trump sendiri kerap kali menghubungi PM Israel Benjamin Netanyahu, termasuk perbincangan melalui telepon, Senin (6/3) kemarin. Keduanya membahas masalah keamanan di Timur Tengah.

“Perdana Menteri berterima kasih kepada Presiden atas komentar pembukanya saat Sesi Bersama Kongres mengecam anti-Semit,” menurut sebuah tulisan dari panggilan telepon.

Trump juga menerima Netanyahu di Gedung Putih, termasuk menghadiri konferensi pers publik bersama, pertemuan empat mata di Ruang Oval dan makan siang di Ruang Kabinet. Bulan lalu keduanya juga mengaku tengah bekerja sama untuk meneruskan kesepakatan damai antara Israel dan Palestina yang akan melibatkan banyak negara Timur Tengah lainnya. [tyo]

 

 

Sumber : https://www.merdeka.com/dunia/donald-trump-undang-mahmoud-abbas-berkunjung-ke-gedung-putih.html

Most Popular

Recent Comments