Saturday, May 28, 2022
Home Nasional DPD Apresiasi Kesiapan KPU dan Bawaslu Jelang Pilkada 2018

DPD Apresiasi Kesiapan KPU dan Bawaslu Jelang Pilkada 2018

Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI apresiasi kesiapan Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) dalam menyelenggarakan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2018, Pemilihan Umum (Pemilu) Legislatif dan Pemilihan Presiden 2019.

Ketua Komite I DPD RI, Ahmad Muqowam mengatakan bahwa Pilkada serentak 2018 merupakan gelombang ketiga dan amanat dari Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2016 tentang Pemilihan Kepala Daerah. Sedangkan Pemilu Serentak 2019 secara historis lahir karena adanya putusan Mahkamah Konstistusi Nomor 14/PPU-XI/2013 tentang Pemilu Serentak 2019, yaitu penggabungan Pemilu Legislative dan Pemilu Eksekutif dalam satu hari H pemilihan.

“Menjadi tantangan semua pihak terutama penyelenggara pemilu KPU, Bawaslu dan peserta pemilu melihat bagaimana undang-undang yang dihasilkan oleh legislatif dan pemerintah memastikan penyelenggaraan pemilu serentak nanti mampu menapaki jalan demokrasi yang semakin baik dan matang,” ujarnya pada saat Rapat Kerja Komite I DPD RI dengan KPU dan Bawaslu, di Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (18/9).

Menurutnya Pilkada Serentak tahun 2018 yang akan diikuti 17 provinsi, 115 kabupaten dan 39 kota harus berjalan semakin baik, pasalnya dari hasil pengawasan DPD RI dalam Pilkada Tahun 2017 lalu telah mencatat beberapa permasalahan penting.

Salah satu permasalahan regulasi yang dicatat adalah penyusunan beberapa PKPU yang mengalami inkonsistensi, serta cuti bagi petahana yang berakhir 3 hari sebelum masa tenang dipandang masih memiliki dampak pada potensi penyalahgunaan kekuasaan untuk mempengaruhi jalannya proses pemilihan.

“Hasil pengawasan DPD RI dapat dijadikan acuan kepada penyelenggara pemilu yakni KPU dan Bawaslu agar dapat bekerja lebih baik lagi, dan Komite I mendukung dan mengapresiasi semua tahapan dan program-program strategis yang mendukung pelaksanaan pilkada nanti,” pungkasnya.

 

 

 

Sumber : DPD Apresiasi Kesiapan KPU dan Bawaslu Jelang Pilkada 2018
DPD Apresiasi Kesiapan KPU dan Bawaslu Jelang Pilkada 2018
Jitunews

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments