DPR Tegaskan Pertamina Adalah Korban Insiden Teluk Balikpapan

0
191

Anggota Komisi VII DPR RI, Mukhtar Tompo, menilai, Pertamina adalah korban dari insiden kebocoran pipa minyak di Teluk Balikpapan, Kalimantan Timur.

Menurutnya, akibat kelalaian yang dilakukan oleh Kapal MV Ever Judger karena menurunkan jangkar seberat 12 ton di kawasan terlarang, maka Pertamina telah mengalami kerugian kurang lebih sebesar 85.000 barel.

“Seharusnya sebagai objek vital nasional, kapal dilarang membuang sauh dalam radius 1.750 meter,” ujar Mukhtar saat Rapat Kerja Komisi VII DPR RI dengan Kementerian ESDM dan Kementerian LHK di Gedung DPR RI, Jakarta, Senin (16/4).

Lebih lanjut, Mukhtar mengapresiasi atas tanggung jawab dari Pertamina terhadap insiden bocornya pipa minyak di Teluk Balikpapan tersebut.

“Meski sebenarnya Pertamina juga adalah korban, tetapi mereka tetap memprioritaskan penanggulangan tumpahan minyak, baik dampak lingkungan maupun dampak sosialnya,” pungkasnya.

Diwartakan sebelumnya juga, dalam Rapat Kerja Komisi VII DPR RI dengan Kementerian ESDM dan Kementerian LHK tersebut terungkap bahwa putusnya pipa minyak milik Pertamina adalah karena Kapal MV Ever Judger menurunkan jangkar tepat di jalur pipa milik Pertamina.

“Kapal ini diperkirakan jangkarnya lolos. Ada miskomunikasi nakhoda sama penjaga jangkar. Jadi jangkar melorot,” ujar Direktur Jenderal Perhubungan Laut (Dirjen Hubla), Agus H. Purnomo.

Di tempat yang sama, Wakil Menteri ESDM, Arcandra Tahar, menjelaskan mengenai kondisi pipa yang putus di Teluk Balikpapan telah sesuai standar dan spesifikasi teknis sehingga dalam keadaan layak operasi saat kejadian.

“Pipa crude dengan ketebalan 20 inch yang putus terkena jangkar kapal di Teluk Balikpapan telah sesuai dengan standar ASME/ANSI B 31.4 dan spesifikasi teknis, sehingga dalam keadaan layak operasi saat kejadian,” pungkas Arcandra.

 

 

Sumber : DPR Tegaskan Pertamina Adalah Korban Insiden Teluk Balikpapan
DPR Tegaskan Pertamina Adalah Korban Insiden Teluk Balikpapan
Jitunews

Comments

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here