Monday, August 2, 2021
Home Nasional DPRD DKI Jakarta Akan Dalami Kelanjutan Proyek MRT

DPRD DKI Jakarta Akan Dalami Kelanjutan Proyek MRT

Usai melakukan peninjauan pembangunan Mass Rapid Transit (MRT) secara langsung, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) DKI Jakarta mengaku akan melakukan pendalaman terkait kelanjutan proyek tersebut.

Ketua DPRD DKI Prasetyo Edi Marsudi mengatakan pendalaman diperlukan untuk mengkaji kembali seberapa besar manfaat yang diperoleh masyarakat dengan adanya proyek MRT untuk fase selanjutnya dengan rute Bundaran HI-Ancol Timur.

“Sebagai pimpinan mewakili teman teman, ini kan rencananya sampai ke Kampung Bandan ada perpanjangan sampai ke Ancol timur ada apa, kan pendalaman perlu,” ungkap Pras di lokasi Stasiun MRT Setiabudi, Jakarta Pusat, Selasa (14/3/2017).

 

Sebelumnya, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menganggarkan alokasi untuk pembangunan MRT fase kedua dengan rute Bundaran HI-Ancol Timur sebesar Rp11 triliun.

Anggaran tersebut membengkak lantaran depo MRT yang semula direncanakan akan dibangun di Kampung Bandan, Jakarta Utara, terpaksa dipindahkan ke Ancol Timur. Kondisi tersebut disebabkan oleh lahan yang hendak menjadi lokasi depo MRT di Kampung Bandang telah dikuasai pihak swasta.

Dengan demikian, rute MRT fase dua memanjang sekitar 6,3 km dari rencana awal, yang semula 8,3 km kini menjadi menjadi 14,6 km.

“Kami akan mendalami, mengacu pada permasalahan besar, anggaran sampai ke ancol Rp11,9 triliun. Kalau emang ini diperlukan kita teruskan, kalau ga diperlukan kita akan lakukan pendalaman-pendalaman. Kita abis ini langsung rapim lagi rapat pimpinan lagi,” ujarnya.

Sementara itu, Pras menuturkan, dari total biaya proyek MRT tersebut pemerintah pusat dan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta telah bersepakat untuk membagi pendanaan proyek, antara lain 49 persen berasal dari Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN), sedangkan 51 persen dibiayai oleh Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD).

“Kalau saya liat gini positif, kita perlu kok, bagaimana mengurai macet di Jakarta kalau ga punya terobosan seperti ini. Berapa tahun kita pengen punya MRT, baru hari ini saya hadir sampai melihat ke bawah, kaya mimpi,” pungkasnya.

@jitunews http://www.jitunews.com/read/54855/dprd-dki-jakarta-akan-dalami-kelanjutan-proyek-mrt#ixzz4bMQq9pf5

Most Popular

Recent Comments