Friday, September 24, 2021
Home Nasional Dua Pejabat BI Masuk Jajaran Anggota DK OJK

Dua Pejabat BI Masuk Jajaran Anggota DK OJK

Komisi XI Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) telah memutuskan nama ketua dan calon anggota Dewan Komisioner (DK) Otoritas Jasa Keuangan (OJK) untuk masa jabatan 2017-2022. Dua dari tujuh nama merupakan pejabat Bank Indonesia (BI). Yakni, Ahmad Hidayat, yang menjabat sebagai Direktur Departemen Keuangan Internal BI dan Tirta Segara, Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi BI.

Keduanya didapuk sebagai anggota DK OJK. Adapun, Ahmad Hidayat meraih 22 suara dalam voting yang dilakukan Komisi XI DPR, sedangkan Tirta Segara mengantongi 51 suara atau terbanyak kedua sebagai anggota DK OJK setelah Nurhaida, Kepala Eksekutif Pengawas Pasar Modal OJK.

Kursi Ketua DK OJK akan diduduki oleh Wimboh Santoso. Ia menggantikan Muliaman D Hadad setelah menang telak dari lawannya, Sigit Pramono. Wimboh merupakan Komisaris Utama PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. Ia sebelumnya menjabat sebagai direktur eksekutif IMF dan Kepala Perwakilan BI di New York, Amerika Serikat.

Empat nama lainnya yang juga berhasil menyabet kursi anggota DK OJK yaitu Direktur Utama PT Pegadaian (Persero), Riswinandi, dan Direktur PT Bursa Efek Indonesia, Hosen, serta dua nama lama, Nurhaida dan Heru Kristiyana.

Keputusan ini diambil setelah 56 anggota Komisi XI DPR melaksanakan voting berdasarkan hasil uji kepatutan dan kelayakan (fit and proper test) terhadap 14 calon usulan Presiden Joko Widodo. Fit and proper test sendiri digelar sejak hari Senin, tanggal 5 Juni lalu.

“Komisi XI akan mengikuti Undang-Undang OJK. Kami menyerahkan kepada Ketua dan Anggota untuk menentukan jabatan masing-masing anggota di Dewan Komisioner,” terang Ketua Komisi XI, Melchias Markus Mekeng, di Gedung DPR, Kamis (8/6).

 

 
Sumber : Dua Pejabat BI Masuk Jajaran Anggota DK OJK
Dua Pejabat BI Masuk Jajaran Anggota DK OJK
Jitunews

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments