Sunday, August 1, 2021
Home KESEHATAN Duh, Kandungan Dalam Pasta Gigi Bisa Picu Kanker?

Duh, Kandungan Dalam Pasta Gigi Bisa Picu Kanker?

Hati-hati ya, hal yang kita anggap mampu mematikan kuman bakteri ternyata justru mampu memicu pertumbuhan bakteri menjadi lebih cepat.

Pasalnya, sebuah studi menemukan bahwa bahan antimikroba, triclosan, yang umum terdapat dalam sabun batangan dan pasta gigi, bisa mengubah bakteri dan meningkatkan risiko kanker kolon.

Studi yang diterbitkan dalam jurnal Science Translational Medicine menunjukkan bahwa perawatan jangka pendek dengan triclosan dosis rendah menyebabkan peradangan kolon atau usus besar sehingga memperparah perkembangan penyakit kolitis dan kanker kolon yang berhubungan dengan kolitis pada tikus percobaan.

“Temuan ini, untuk pertama kalinya, menunjukkan bahwa triclosan bisa memiliki efek merusak pada kesehatan usus,” ujar Guodong Zhang dari University of Massachussetts Amherst seperti dilansir laman Times of India pada hari Selasa (5/6).

Para peneliti mengatakan, triclosan merupakan satu di antara bahan antimikorba yang paling banyak digunakan dan ditemukan pada lebih dari 2.000 produk harian.

Para peneliti telah menginvestigasi efek triclosan pada peradangan usus besar dan kanker kolon menggunakan beberapa model tikus.

Pada semua model tikus, agen antimikroba tersebut memicu peradangan kolonik dan tumorigenesis kolon.

Sumber : Duh, Kandungan Dalam Pasta Gigi Bisa Picu Kanker?
Duh, Kandungan Dalam Pasta Gigi Bisa Picu Kanker?
Jitunews

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments