Monday, October 25, 2021
Home DIMENSI Duka Keluarga Mahasiswa AS yang Meninggal Usai Dibebaskan Korut

Duka Keluarga Mahasiswa AS yang Meninggal Usai Dibebaskan Korut

Seorang mahasiswa University of Virginia asal Ohio, Amerika Serikat (AS), Otto Frederick Warmbier, yang sempat ditahan oleh penguasa Korea Utara, dinyatakan meninggal dunia pada hari Senin, tanggal 19 Juni 2017. Ia baru saja dibebaskan Korea Utara (Korut) dalam kondisi koma pekan lalu.

“Perlakuan mengerikan yang diterima putra kami di tangan Korea Utara menunjukkan bahwa tidak ada kejadian lain yang lebih menyedihkan daripada penderitaan yang kami alami saat ini,” kata keluarga Otto, dilansir Reuters, Senin (19/6).

Otto telah ditahan Korut selama 14 bulan. Otto ditangkap oleh pemerintah Korut karena disebut berupaya mencuri sejumlah gambar propaganda Korut. Ia pun diminta melakukan pengakuan publik di depan wartawan pada tanggal 29 Februari 2016.

Ia mulai koma pada bulan Maret 2016, tidak lama setelah dirinya dijatuhi hukuman kerja paksa oleh Korut selama 15 tahun.

Dokter dari University of Cincinnati Medical Center, tempat Otto dirawat, mengatakan bahwa Otto sama sekali tidak menunjukkan respons terhadap lingkungan sekitarnya. Ia tidak responsif terhadap bahasa dan gerak di sekitarnya. Meski demikian, ia masih sanggup bernapas dengan cukup baik.

Ayah Otto, Fred Wambier, meyakini putranya tersebut telah berupaya semaksimal mungkin untuk bertahan agar bisa kembali ke keluarganya. Ia juga meyakini bahwa kondisi Otto mulai berubah setelah ia berada di rumah.

“Dia tenang, dia sudah di rumah, dan saya percaya dia dapat merasakan itu,” kata Fred, dikutip dari abcnews, Selasa (20/6).

Tidak ada yang tahu penanganan medis seperti apa yang diperoleh Otto selama berada di Korut. Akan tetapi, terlihat dari kondisi Otto yang memprihatinkan, salah satu kerabat meyakini bahwa Otto telah mengalami penganiayaan.

 

Sumber : Duka Keluarga Mahasiswa AS yang Meninggal Usai Dibebaskan Korut
Duka Keluarga Mahasiswa AS yang Meninggal Usai Dibebaskan Korut
Jitunews

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments