Sunday, November 28, 2021
Home Nasional Edi Ganefo: Pasar Properti Perumahan di Indonesia Tahun Ini Terjun Bebas

Edi Ganefo: Pasar Properti Perumahan di Indonesia Tahun Ini Terjun Bebas

Harga maupun prospek pasar properti (khususnya perumahan) hingga bulan Juli 2017 terus mengalami penurunan akibat menurunnya daya beli masyarakat yang disebabkan oleh banyak faktor.

Hal tersebut diungkapkan Ketua baru Kadin periode 2015-2020, Edi Ganefo. Tapi, hal itu hanya berlaku untuk pasar properti kalangan menengah ke atas, bukan perumahan yang mendapatkan subsidi dari pemerintah.

“Sektor sekarang ini ada pelemahan daya beli ya. Ya, tentu saja di perumahan komersial ini dampaknya terasa sekali. Terjun bebas sekarang ini untuk pasar perumahan. Kecuali untuk perumahan subsidi masih cukup baik,” beber Edi kepada Jitunews.com, saat ditemui di Ruang Delegasi lantai 8 Gedung Nusantara III Kompleks MPR/DPR/DPD RI, Senayan, Jakarta, Senin (10/7).

Meskipun Bank Indonesia sudah menurunkan suku bunga di sektor properti, masih dari penilaian Edi, itu masih dirasakan cukup tinggi dibandingkan suku bunga properti negara lain yang cukup rendah.

Bahkan, menurut Edi, bagi agen penjual (marketing) yang mampu menjual lebih dari satu unit rumah atau apartemen setiap bulan pada tahun ini, itu sudah sangat bagus.

“Pasar komersial itu imbasnya sekitar 75 persen, besar sekali. Dari sebelumnya jauh sekali. Secara real seperti itu. Bukan laporan-laporan ABS (asal bapak senang) ya,” sambung mantan Ketua Asosiasi Pengembang Perumahan Dan Permukiman Seluruh Indonesia (Apersi) tersebut.

Oleh karena itu, Edi berharap, lesunya pasar properti di Indonesia akan berakhir pada pertengahan tahun ini.

“Pertama penurunan daya beli, kemudian wait and see. Kebanyakan rumah komersial ini yang beli spekulan. Jadi misalnya, apartemen mereka beli satu blok,” tutur Edi.

“Kita melihat kenaikan properti tidak seperti tahun sebelumnya. Saat ini stagnan dan turun sedikit. Ditambah lagi penurunan daya beli. Kita berharap berakhir pada tahun ini ya,” tandasnya.

 

Sumber : Edi Ganefo: Pasar Properti Perumahan di Indonesia Tahun Ini Terjun Bebas

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments