Monday, August 2, 2021
Home Nasional Elektabilitas Jokowi Kalah Telak dari Prabowo

Elektabilitas Jokowi Kalah Telak dari Prabowo

Indonesia Development Monitoring (IDM) merilis hasil survei terkait Pemilihan Presiden 2019. Survei menunjukkan elektabilitas Prabowo Subianto berada di atas Joko Widodo.

IDM merilis lima nama bakal capres di Pilpres 2019, yaitu Prabowo, Jokowi, Gatot Nurmantyo, Rizal Ramli, dan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

Dari lima nama tersebut, Prabowo unggul dengan elektabilitas 39,2 persen, disusul Jokowi sebesar 21,3 persen.

“Kami ada lima capres berbasis kesanggupan orang yang sudah mendeklarasikan diri maupun diusung oleh parpol. Prabowo unggul 39,2 persen, kedua Jokowi 21,3 persen, Rizal Ramli 11,1 persen, Gatot Nurmantyo 7,5 persen, dan AHY 4,3 persen,” kata Direktur Eksekutif IDM Ben Firman Tresnadi di Ballroom Ibis Budget, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (24/5).

Dari kelima nama tersebut, kemudian mengerucut menjadi tiga nama. Survei mengajukan pertanyaan ‘Jika pemilu diselenggarakan hari ini, siapa dari 3 nama yang akan Anda pilih jadi Presiden?’

Hasilnya, Prabowo unggul dengan 45,8 persen, Jokowi 27,1 persen, dan Rizal Ramli dengan 12,5 persen. Simulasi terakhir, jika Prabowo bertarung dengan Jokowi, hasilnya Ketum Gerindra itu tetap unggul.

“Hasil kalau head to head menurut survei Prabowo unggul 50,1 persen dan Jokowi hanya 29 persen,” lanjutnya.

Menurutnya, dengan perolehan suara pada Pilpres 2014, Prabowo dinilai mampu menjaga konstituennya. Sedangkan Jokowi dianggap tak mampu merealisasikan janjinya, sehingga para pemilih berbelok arah.

Sumber : Elektabilitas Jokowi Kalah Telak dari Prabowo
Elektabilitas Jokowi Kalah Telak dari Prabowo
Jitunews

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments