Friday, July 30, 2021
Home DIMENSI Erdogan Hubungi Jokowi dan Kepala Negara Lain Terkait Krisis Qatar

Erdogan Hubungi Jokowi dan Kepala Negara Lain Terkait Krisis Qatar

Arab Saudi, Uni Emirat Arab, Mesir, Yaman, Libya, Maladewa, dan Bahrain memutuskan hubungan diplomasi dengan Qatar, Senin (5/6). Mengetahui hal itu, Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan langsung bertindak dengan menghubungi sejumlah kepala-kepala negara untuk menengahi atau pun mengambil langkah solusi atas krisis tersebut. Salah satu yang ditelpon Erdogan adalah Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi).

Seperti diketahui, Qatar seketika dikucilkan oleh negara-negara tersbeut lantaran dituduh menjadi pihak yang selama ini mendukung aksi-aksi brutal terorisme.

Melihat krisis itu, Erdogan tanpa pikir panjang langsung menyuarakan dukungannya terhadap Qatar.

Hla itu disampaikannya setelah melakukan buka puasa bersama dengan para duta besar di Ankara, Turki, Selasa (6/6).

Dalam kesempatan itu, Erdogan tak luput untuk menyatakan kritikannya terhadap Arab saudi dan negara-negara Arab lainnya atas pemutusan hubungan diplomatik yang dilakukan.

“Saya ingin menegaskan secara jelas bahwa Turki tak menyetujui segala bentuk sanksi yang diberikan terhadap Qatar. Hal-hal seperti ini, yang terjadi di saat kita membutuhkan solidaritas dan kerja sama yang erat, tak baik untuk negara manapun di Timur Tengah,” demikian ucap Erdogan.

Agar kondisi antara Qatar dan negara-negara Arab yang menuduh Qatar sebagai pihak yang selama ini mendukung terorisme, Erdogan langsung berdiplomatik dengan sejumlah kepala negara.

Mereka yang dihubungi Erdogan adalah Presiden Jokowi, Presiden Prancis Emanuel Macron, dan Perdana Menteri Malaysia Najib Razak. Bahkan Raja Bahrain Hamad Al Khalifa serta Raja Yordania Abdullah II, dan Perdana Menteri Lebanon Saad Hariri juga ditelpon Erdogan.

Sebelum menghubungi sejumlah kepala negara tersebut, rupanya Erdogan telah melakukan komunikasi dengan Emir Qatar Sheikh Tamim Hamad Al-Thani, Presiden Rusia Vladimir Putin, Emir Kuwait Sheikh Sabah Al-Sabah, dan Raja Arab Saudi Salman Abdulaziz.

Melalui percakapan telepon dengan para pemimpin negara itu, Erdogan menyampaikan bahwa masalah di Timur Tengah itu harus diselesaikan melalui dialog.
Pemerintah Qatar memang menetapkan pihaknya tidak akan mengambil langkah apapun selain berdialog untuk menyolusikan krisis hubungan diplomatik yang dihadapi negara itu.

“Kami meyakini bahwa perselisihan antarnegara bersaudara ini seharusnya diselesaikan di forum dialog,” jelas Menteri Luar Negeri Qatar Sheikh Mohammed bin Abdulrahman Al-Thani.

“Bagi kami, pilihan strategis Qatar untuk menyelesaikan perselisihan apapun ini adalah melalui jalur dialog,” katanya.

 

 
Sumber : Erdogan Hubungi Jokowi dan Kepala Negara Lain Terkait Krisis Qatar
Erdogan Hubungi Jokowi dan Kepala Negara Lain Terkait Krisis Qatar
Jitunews

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments