Fadli Zon: AM Fatwa Tidak Ada Dendam kepada Rezim Orde Baru

0
25

Anggota Dewan Perwakilan Daerah, Andi Mappetahang Fatwa, atau AM Fatwa, berpulang ke Rahmatullah. Politisi PAN itu meninggal pada usia 78 tahun akibat sakit kanker hati yang dideritanya.

Plt Ketua DPR RI, Fadli Zon, mengatakan bahwa dirinya sudah mengenali AM Fatwa sejak dirinya masih duduk di sekolah dasar (SD). Saat kelas 6 SD dirinya sudah mulai membaca tulisan-tulisan AM Fatwa.

“Saya baru kelas 6 SD, lulus SD sampai kelas 1 SMP saya sudah baca tulisan Pak Fatwa yang cukup berani tulisan itu dibawa oleh bapak saya. AM Fatwa seorang yang berani di masa rezim yang begitu cukup represif apalagi setelah peristiwa Tanjung Priok melalui ceramah-ceramahnya bersama, saya ingat Pak Abdul Kodir Jaelani. Toto Mihardi ketika itu adalah orang-orang yang berani dengan berbagai risiko akhirnya ditangkap ditahan juga oleh Pemerintah,” ujar Fadli di Gedung DPR RI Jakarta, Kamis (14/12).

 

Dalam hal ini, Fadli menilai bahwa AM Fatwa bukanlah sosok yang pendendam meski pernah dipenjara oleh rezimĀ Orde Baru kala itu.

“Dia tidak ada dendam kepada rezimĀ Orde Baru. Saya kira itu pelajaran berharga, orang tidak boleh dendam malah saya kira hubungannya dengan Pak Soeharto juga baik dan dengan Sudomo orang yang menangkapnya juga baik,” tuturnya.

Oleh karena itu, kata Fadli, sosok AM Fatwa adalah sosok orang Indonesia yang berani mengambil risiko untuk memilih jalannya sendiri sesuai dengan pendiriannya.

“Saya kira yang ditonjolkan Pak Fatwa, dia tidak pendendam, kemudian berjuang melalui jalan demokrasi untuk mencurahkan apa yg menjadi keyakinannya pemikirannya. Dia pernah jadi wakil ketua DPR, juga pernah di DPD dan banyak di berbagai organisasi, cukup banyak di yayasan-yayasan sosial,” pungkasnya.

 

 

 

Sumber : Fadli Zon: AM Fatwa Tidak Ada Dendam kepada Rezim Orde Baru
Fadli Zon: AM Fatwa Tidak Ada Dendam kepada Rezim Orde Baru
Jitunews

Comments

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here