Monday, October 18, 2021
Home Nasional Fadli Zon Pertanyakan Urgensi Kebijakan Denominasi Rupiah

Fadli Zon Pertanyakan Urgensi Kebijakan Denominasi Rupiah

Wakil Ketua DPR RI, Fadli Zon, menyinggung rencana pemerintah melalui Bank Indonesia (BI) untuk melakukan redenominasi mata uang rupiah. Menurutnya, kebijakan tersebut untuk saat ini belum memiliki nilai urgensi.

“Saya menilai bahwa isu redenominasi itu tidak punya urgensi sama sekali, setidaknya untuk saat ini,” kata Fadli, Sabtu (29/7).

Ia pun meminta pemerintah untuk fokus pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN), berupaya mencapai target pendapatan dan menjaga agar situasi defisit keuangan negara tidak semakin membengkak.

Kebijakan redenominasi mata uang, lanjut Fadli, tidak dapat serta-merta dilakukan begitu saja. Terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan seperti tingkat kepercayaan rakyat terhadap pemerintah dan juga sejumlah indikator makro ekonomi lainnya.

Menurut Fadli, faktor kepercayaan terhadap pemerintah saat ini masih minim, terlebih lagi setelah pemerintah dinilai Fadli selama ini sudah cukup sering melontarkan isu yang membuat masyarakat terus bertanya-tanya.

“Sesudah wacana pemindahan ibu kota yang bikin heboh, sebaiknya pemerintah tidak gampang melontarkan isu yg hanya akan dianggap sebagai lelucon. Saya ingatkan, soal kepercayaan ini penting sekali, karena ini menyangkut nilai mata uang dan penerimaan masyarakat,” ujarnya lagi.

Fadli juga menyebut bahwa kebijakan redenominasi pada umumnya bisa sukses jika diterapkan di negara-negara dengan jumlah penduduk yang tidak terlalu banyak.

“Jika kita pelajari, kisah sukses redenominasi hanya terjadi di negara yang jumlah penduduknya kecil dan wilayahnya sempit, seperti Bulgaria atau Turki. Sebagai catatan, negara-negara yang jumlah penduduknya besar dengan wilayah luas, seperti Rusia, misalnya, banyak yang gagal menerapkan kebijakan ini,” katanya.

 

 

Sumber : Fadli Zon Pertanyakan Urgensi Kebijakan Denominasi Rupiah

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments